Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

COVID-19 Melandai, Pemerintah Waspadai Varian Anak Omicron

Omicron Covid-19- inilah.com
freepik

Pemerintah tengah memantau perkembangan kasus COVID-19 subvarian omicron BA.2 atau anak omicron yang sedang melonjak di sejumlah negara.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan kondisi COVID-19 akibat anak omicron tersebut tengah melonjak di Hong Kong, Korea Selatan, dan Inggris. Hal ini sempat dibahas dalam rapat terbatas.

“Karena terjadi kenaikan kasus yang tinggi di 3 negara tersebut. Khususnya di Hong Kong terjadi peningkatan tingkat kematian yang tinggi,” kata Budi dalam jumpa pers daring yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/3/2022).

Budi mengakui bahwa subvarian tersebut sudah ada di Indonesia. Diharapkan subvarian ini tidak menambah kasus COVID-19 yang kini kembali melandai.

Baca juga
Dua Orang Positif Omicron di Surabaya Pulang dari Bali

“Subvarian ini sudah ada di Indonesia, dan hasil genome sequencing terakhir, dalam 2 bulan lebih kita sudah melakukan 8.032 genome sequencing. Di akhir-akhir, memang porsi BA.2 ini sudah dominan di RI,” ujarnya.

Budi menyebut vaksinasi menjadi kunci penangan COVID-19. Tingginya kasus di negara itu dikatakan Budi karena rendahnya tingkat vaksinasi

“Alhamdulillah kita tidak melihat dan mudah-mudahan tak akan melihat adanya kenaikan jumlah kasus kembali,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar