Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Ada Cuan Besar Bisnis Pariwisata saat Mudik, Menteri Sandi Sebut Rp72 Triliun

Ada Cuan Besar Bisnis Pariwisata saat Mudik, Menteri Sandi Sebut Rp72 Triliun
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S Uno

Tak sedang bercanda, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut momentum lebaran mendorong pulihnya bisnis pariwisata. Potensi untuk besar hingga Rp72 triliun.

“Kami mencatatkan dan memprediksi sekitar Rp 72 triliun yang akan terdistribusi ke berbagai daerah tujuan mudik,” ujar Menteri Sandi dalam acara aksi afirmasi pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri, Jakarta, Senin (25/4/2022).

Politisi Partai Gerindra ini, meramalkan, bakal terjadi perputaran uang sebesar 60 persen di Pulau Jawa. Barulah sisanya tersebar di pulau-pulau lainnya. Momentum lebaran, perlu dimanfaatkan sektor ekonomi kreatif untuk meraup keuntungan alias cuan.

Menurut Menteri Sandi, destinasi-destinasi pariwisata yang bisa memecah kemacetan juga bakal punya peluang cuan yang lebih tinggi. Atas dasar itu, ia meminta pelaku usaha pariwisata menggencarkan sosialisasinya.

Baca juga
Bos Kadin Dukung Stabilisasi Harga Migor, Kenapa Baru Sekarang?

Kemenparekraf juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk menggencarkan promosi destinasi wisata di Jalur Selatan hingga Pantura. Tujuannya agar masyarakat yang ingin menghindari kemacetan bisa beralih menuju lokasi wisata.

Selama momentum lebaran, kata Sandi, ada 17 subsektor ekonomi kreatif yang didorong lebih masif lagi. Terutama usaha-usaha di bidang kuliner, kriya dan fesyen. “Juga barang dan jasa seperti desain aplikasi, games, dan beberapa subsektor yang belum mendapatkan perhatian penuh,” kata dia.

Tinggalkan Komentar