Cuci Gudang Direksi MIND ID, Putera Asli Papua Dicopot, Begini Penjelasan Arya BUMN

Cuci Gudang Direksi MIND ID, Putera Asli Papua Dicopot, Begini Penjelasan Arya BUMN - inilah.com

Menteri BUMN Erick Thohir resmi mengganti susunan direksi MIND ID atau holding BUMN sektor pertambangan. Pergantian ini diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Jumat (29/10/2021).

MIND ID sendiri beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk (TINS), dan PT Freeport Indonesia.

Orias Petrus Moedak yang putera asli Papua, menjabat sebagai Direktur Utama sejak 25 November 2019, dicopot. Dirinya digantikan Hendi Prio Santoso yang sebelumnya menjabat Direktur Utama PT Semen Indonesia.

Tak hanya Orias yang dicopot, ada pula Ogi Prastomiyono selaku Direktur Layanan Strategis, Normansyah Duliar selaku Direktur Transformasi dan Pengembangan Usaha, serta Sophia Isabella Wattimena selaku Direktur Pelaksana. Lalu apa alasan perombakan ini?

Baca juga  Enak Bener Kereta Cepat China, Anggaran Bengkak Rp27 T, Masih Mau Disuntik Rp4,3 T

Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, langkah ini dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan. Diantaranya, akselerasi transformasi induatri tambang yang berbasis sustainable dan environmental friendly practices dengan mengoptimasi program digitalisasi dan automasi mekanisasi smart mining 5.0.

“Kedua, demi pengembangan hilirisasi industri tambang menuju integrated metal & mineral comprehensive upstream & downstream processing untuk memaksimalkan value dan nilai yang bisa diperoleh di dalam negeri, sehingga terbangun industri dalam negeri yang kuat,” papar Arya.

Alasan ketiga, MIND ID diharapkan menjadi motor penggerak terdepan dalam inisiatif pengembangan industri electric mobility nasional yang bertujuan untuk mengurangi defisit devisa negara akibat net import energi serta pengurangan emisi karbon di sektor transportasi darat.

Baca juga  Erick Thohir: Pabrik HSM 2 Krakatau Steel Sejalan dengan Visi Presiden dan Transformasi BUMN

“Juga untuk mengakselerasi terciptanya ekosistem yang terintegrasi di sektor electric mobility dengan membuka peluang investasi dan kerjasama dengan player electric mobility global,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar