Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Cugenang dan Pacet Rawan Gempa, Warga Cianjur Jangan Bermukim di 11 Desa Ini

Jumat, 02 Des 2022 - 23:19 WIB
Cugenang Cianjur - inilah.com
Petugas gabungan berupaya memulihkan jalur Jalan Raya Cipanas-Cianjur, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022), yang tertimbun longsor akibat gempa (Foto: Inilah.com/ Agus Priatna)

Sebanyak 11 desa dari dua kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat perlu dihindari. Warga jangan lagi bermukim di wilayah tersebut, karena terkategori tidak aman dari ancaman gempa.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan rekomendasinya ihwal wilayah yang perlu dihindari untuk para calon hunian tetap pasca gempa Cianjur.

Rekomendasi ini, dikatakan oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, merupakan hasil analisi ilmiah yang menemukan adanya keaktifan sumber gempa pada area sistem Sesar Cimandiri.

“Hasilnya, menurut analisis kami, ada keaktifan sumber gempa pada area sistem Sesar Cimandiri yang meliputi Kecamatan Cugenang dan sebagian Kecamatan Pacet,” jelasnya dalam jumpa pers virtual di akun YouTube BMKG, Jumat (2/12/2022).

Baca juga
Foto: BMKG Prediksi Jakarta Diguyur Hujan Sore hingga Malam Hari

Dia merincikan, dari Kecamatan Cugenang ada sebagian 10 desa yang perlu dihindari, sedangkan Kecamatan Pacet 1 desa. Rekomendasi berdasarkan kemungkinan aspek kegempaannya. “Kemungkinan masih akan terulang paling tidak dalam periode 20 tahun, dari aspek kegempaannya,” lanjutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, faktor lain dari rekomendasi ini adalah karena kondisi tanah. Kondisinya adalah kemiringan lereng dan kondisi tanah yang lunak sehingga rawan. “Terutama kondisi kemiringan lereng, topografi, serta kondisi tanah-tanah lunak yang ada di area ini,” ujar dia.

BMKG merekomendasikan wilayah yang layak untuk calon hunian tetap adalah wilayah Sirnagalih dan Murnisari dalam skenario satu, dan Cipendawa skenario dua.

Baca juga
BMKG Imbau Warga Waspadai Hujan Petir di NTT Selama Tiga Hari

“Kami menyebut desa, jangan disalahartikan seluruh desa itu masuk zona ini. Tidak sama sekali, hanya sebagian dari desa itu,” imbuhnya.

Ada pun kesebelas lokasi, yang meliputi sebagian wilayah tersebut, rinciannya sebagai berikut:

Kecamatan Cugenang

1. Desa Ciputri
2. Desa Pasir Sarongge
3. Desa Galudra
4. Desa Nyelindung
5. Desa Sukamulya
6. Desa Sarampad
7. Desa Talaga
8. Desa Salakawung
9. Desa Desa Cirumput
10. Desa Cibulakan

Kecamatan Pacet

1. Desa Ciherang

Tinggalkan Komentar