Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

Daftar Klub Peraih Gelar Juara Liga Champions Terbanyak

Sabtu, 28 Mei 2022 - 09:33 WIB
Liga Champions
Foto Gettyimages

Liga Champions adalah salah satu liga paling bergengsi di daratan Eropa. Klub-klub papan atas Liga Spanyol, Inggris, Italia, Belanda, hingga Jerman silih berganti mencapai babak final. Tapi klub mana saja yang meraih juara Liga Champions terbanyak?

Sulit untuk mengingat moment di Liga Champions tanpa tim papan atas Spanyol. Real Madrid dan Barcelona sudah pasti menjadi langganan pool di final. Tapi klub-klub Liga Inggris, Jerman, dan Italia juga tak kalah garang.

Mereka terus berusaha merusak dominasi Spanyol di Liga Champions. Paling baru, Chelsea menjadi juara Liga Champions musim 2020/2021.

Jika diurutkan, berikut adalah daftar klub pengoleksi gelar juara Liga Champion terbanyak:

1. Real Madrid

Di posisi pertama ada Los Blancos dengan 13 trofi Liga Champions. Di bawah kendali pelatih Zinedine Zidan, klub ini mampu meraih trofi dalam 3 tahun beruntun. Musim 2016, 2017, dan 2018.

Selain berstatus klub peraih trofi Liga Champions terbanyak sepanjang masa, Real Madrid juga dominan sejak tahun 2000. Terbukti mantan klub CR7 ini mampu juara 6 kali sejak tahun 2000.

Di musim 2015/2016, final sesama klub Spanyol terjadi. Tapi ini bukan El Clasico karena Atletico Madrid yang jadi penantang Los Blancos. Skor akhir 1-1 dan dilanjutkan dengan adu penalti 5-3 untuk kemenangan Real Madrid.

Di musim selanjutnya, Juventus menjadi lawan mereka di final. Bermain di Cardiff, anak asuh Zinedine Zidan mampu mempertahankan gelar juara dengan skor telak 4-1.

Kejayaan klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu ini masih menguar di musim 2018. Mereka adu taring dengan jagoan Inggris, Liverpool. Hasil akhir, Los Blancos kembali menang dengan skor 3-1.

Raihan ini membuat Madrid menyamai pencapaian Bayern Munchen dan Ajax yang mampu meraih 3 kali juara beruntun di Liga Champions.

2. AC Milan

Di posisi kedua ada klub dari Liga Champions, AC Milan. Rossoneri berhasil mengumpulkan trofi Liga Champions sebanyak 7 kali. Musim 2003, 2005, dan 2007 adalah fase terbaik klub ini di Liga Champions.

Musim 2003 diisi dengan All Italian Finals. AC Milan memenangi final melawan Juventus melalui adu penalti dengan skor 3-2.

Baca juga
Memeluk Islam, Clarence Seedorf Tak Ingin Ganti Nama

Final Liga Champions 2005 memang sangat membekas. Rossoneri mampu unggul dengan 3-0 di babak pertama.

Namun, di babak kedua Liverpool mampu mencetak 3 gol hanya dalam waktu 4 menit saja. Hasil akhir didapat dari adu penalti dan AC Milan kalah 2-3.

Kemenangan terakhir mereka adalah musim 2007. Mereka bertemu Liverpool di final. Pertandingan final ini menjadi ajang balas dendam untuk kekalahan dramatis Rossoneri di Istanbul tahun 2005.

Di musim 2007 ini, AC Milan menang tanpa adu penalti. Skor akhirnya memang tipis 2-1 tapi ini mampu menuntaskan balas dendam mereka untuk The Reds.

3. Liverpool

Daftar peraih trofi Liga Champions terbanyak selanjutnya ada klub Liga Inggris yaitu Liverpool dengan 6 kali juara. Klub yang berbasis di stadion Anfield ini mampu meraih final teranyar di tahun 2005, 2007, 2018, dan 2019. Hasil akhirnya 2 kali juara dan 2 kali runners-up.

Final Liga Champions 2005 jadi reward manis karena Liverpool mampu menyamakan kedudukan dengan AC Milan melalui 3 gol dalam rentang 4 menit. Happy ending-nya mereka menang 3-2 melalui adu penalti.

Musim 2007 seperti kebalikan musim 2005. Liverpool kalah dari AC Milan. Kekalahan Liverpool di final kembali terulang untuk musim 2018. Mereka tak bisa mematahkan kekuatan juara bertahan, Real Madrid dan kalah dengan skor 3-1.

Di musim 2019, The Reds mampu mematahkan dominasi klub Spanyol dengan final sesama Inggris. Liverpool mengalahkan Tottenham Hotspur full time dengan skor 2-0.

4. Bayern Munich

Klub papan atas Jerman, Bayern Munich juga 6 kali meraih juara Liga Champions. Bayern mulai menunjukkan taring lagi di Liga Champions sejak tahun 2010. Terhitung 4 kali mereka masuk ke final. Hasilnya dua kali juara dan dua kali runners-up.

Musim 2010 dan 2012, Bayern berhasil masuk final. Sayang, mimpi untuk mengangkat trofi Liga Champions gagal karena Chelsea dan Inter Milan. Namun, di musim 2013 Bayern mampu bangkit dan meraih juara Liga Champions setelah menanti lebih dari 10 tahun. Mereka mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor tipis 2-1.

Baca juga
Empat Gol Liverpool Benamkan MU di Anfield

Final teranyar Bayern adalah musim 2020. Mereka berhasil mengalahkan PSG di final dengan skor tipis 1-0. LC tahun 2020 ini unik, karena semifinal diisi oleh tim di luar Inggris, Spanyol, dan Italia. Lyon, Bayern, Leipzig, dan PSG mampu menjadi bintang baru.

5. Barcelona

Sepanjang berdirinya klub, Barca meraih juara sebanyak 5 kali. Spanyol menjadi negara yang cukup mendominasi Liga Champions. Ini terbukti sejak tahun 2000, Barcelona dan Real Madrid bergantian mengangkat trofi sebanyak 11 kali.

Musim 2006, Barca membungkam Arsenal dengan skor tipis 2-1. Ronaldinho menjadi pemain penting dalam pertandingan ini.

Kegagalan Barcelona di dua musim selanjutnya untuk masuk final, langsung dibayar tuntas dengan memenangi musim 2009.

Meski di semifinal dominan oleh tim Inggris, namun Barca masih terlalu kuat untuk Manchester United di partai final. Skor telak 2-0 membawa mereka juara ketiga kalinya di Liga Champions.

Musim 2011 dan 2015 juga jadi fase manis untuk musuh bebuyutan Real Madrid ini. Barca meraih juara dengan mengalahkan MU (skor 3-1) dan Juventus (skor 3-1). Kekalahan Juventus ini membawa Barcelona meraih treble winner musim itu.

Negara Peraih Juara Liga Champions Terbanyak

Dari daftar yang ada di situs resmi UEFA, ada 5 negara yang berhasil menempati posisi teratas sebagai negara peraih juara Liga Champions terbanyak. Kelima negara tersebut adalah:

– Spanyol 18 kali juara (Real Madrid dan Barcelona)

– Inggris 14 kali juara (Liverpool, Manchester United, Chelsea, Nottingham Forest, dan Aston Villa)

– Italia 12 kali juara (AC Milan, Inter Milan, dan Juventus)

– Jerman 7 kali juara (Bayern Munich, Hamburg, dan Borussia Dortmund)

– Belanda 6 kali juara (Ajax Amsterdam, Feyenoord, dan PSV Eindhoven)

Klub Mana yang Beruntung Bisa Menyimpan Trofi Juara Liga Champions?

Seperti yang diketahui, piala atau trofi Liga Champions yang asli disimpan oleh UEFA. Jadi, klub yang menang Liga Champions hanya menyabet title tanpa memiliki piala.

Namun, sejak musim 2009 ada kondisi khusus yang membuat klub boleh dan bisa menyimpan replika trofi Liga Champions. Klub tersebut harus mampu menang selama 3 kali beruntun atau 5 kali secara keseluruhan.

Baca juga
Cukup Imbang untuk Lolos, Chelsea Pasang Target Puncaki Klasmen

Hingga saat ini, baru ada 6 klub dunia yang mampu memperoleh hak istimewa ini. Real Madrid, Ajax Amsterdam, Bayern Munich, Barcelona, dan Liverpool.

Keenam klub ini menerima replika trofi Liga Champions dengan ukuran yang sama dan bisa mereka simpan sebagai bukti dan apresiasi atas pencapaian klub yang luar biasa.

Itu tadi informasi mengenai daftar pemenang trofi terbanyak di Liga Champions. Agar tidak ketinggalan mengenai berita ter-update mengenai Liga Champions, jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs PeluitPanjang.id untuk mendapatkan hasil pertandingan bola terkini.

PeluitPanjang.id adalah portal berita olahraga khususnya sepak bola terupdate saat ini. Dibentuk pada 7 Februari 2020 di Jakarta oleh sekumpulan anak muda yang memiliki keinginan kuat untuk menjadi pelopor berita olahraga dengan informasi terdepan dan terakurat.

Konten yang disajikan PeluitPanjang.id dimulai dengan sekumpulan berita mengenai sepak bola dalam dan luar lapangan, kemudian berkembang dengan memberikan pemberitaan lebih menyeluruh dengan memberikan analisis mengenai sebuah pertandingan yang akan berjalan dengan lengkap.

Selain berita dari liga champions ada juga berita ter-update dari beberapa liga top dunia seperti Premier League Inggris, BundesLiga Jerman, La Liga Spanyol, Seri A Italia dan Ligue 1 Perancis. Fokus PeluitPanjang.id adalah sebagai media berita yang perlahan berkembang untuk memberikan pemberitaan terlengkap cabang sepak bola top di dunia.

Jangan lupa share info ini agar semakin banyak orang yang paham tentang sistem Liga di Inggris dan sampai jumpa kembali di diskusi sistem Liga Inggris lainnya! [adv]

Tinggalkan Komentar