Sabtu, 03 Desember 2022
09 Jumadil Awwal 1444

Dampingi Jokowi, Khofifah Ungkap Bantuan Modal Usaha Ultra Mikro

Senin, 22 Agu 2022 - 12:41 WIB
Penulis : Ahmad Munjin
Dampingi Jokowi, Khofifah Ungkap Bantuan Modal Usaha Ultra Mikro - inilah.com
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (dua kanan) mendampingi Presiden Joko Widodo (kiri) saat menyapa warga saat kunjungan kerjanya di Pasar Pucang Anom, Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 21 Agustus 2022. (Foto: Antara/Didik Suhartono)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan Pemerintah Provinsi setempat memiliki langkah dan program yang selaras dengan Presiden Joko Widodo. Pemprov Jatim aktif memberi perhatian dan bantuan modal kepada para pelaku usaha kecil alias ultra mikro.

“Pemprov berkomitmen untuk terus melakukannya,” ujar dia di Surabaya, Senin (22/8/2022).

Salah satu program serupa adalah bantuan penyaluran permodalan untuk pelaku usaha ultra mikro senilai Rp500 ribu dari Baznas provinsi serta BUMD Jatim.

Selain itu, juga pinjaman murah dengan bunga tiga persen per tahun melalui Bank UMKM Jatim yang pinjamannya maksimal Rp10 juta.

“Bantuan permodalan untuk pelaku usaha ultra mikro kami berikan untuk membantu mereka mengakses permodalan dari Bank UMKM Jatim, dan bunganya rendah,” ucap dia.

Baca juga
Survei: Makin Banyak yang Setuju Masa Jabatan Presiden Jokowi Jadi Tiga Periode

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut menyatakan program ini sengaja digagas agar pelaku usaha ultra mikro, seperti pengusaha toko peracangan, pedagang kaki lima, pedagang sayur dan lainnya tidak terjerumus untuk meminjam uang ke rentenir yang justru merugikan.

“Akses modal ini tanpa jaminan. Tahun 2022 ini ada anggaran Rp7,5 miliar yang disiapkan hingga akhir tahun. Semoga bisa memberi manfaat bagi pelaku usaha ultra mikro di tengah tawaran pinjaman daring yang begitu mudah diakses, namun berisiko bunga sangat tinggi,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Khofifah selama dua hari (21-22 Agustus 2022) mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Jatim, yakni di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo.

Baca juga
Jokowi Larang Pejabat hingga ASN Bukber dan Open House Lebaran

Di Surabaya, Presiden mengunjungi Pasar Pucang Anom untuk memantau kondisi perdagangan, sekaligus menyalurkan bantuan modal kerja (BMK), Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan minyak goreng kepada peserta program keluarga harapan.

Jokowi juga menyerahkan BMK dan BLT minyak goreng yang diberikan kepada 100 pedagang dan menyerahkan 100 orang peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di sekitar wilayah Pasar Pucang Anom.

“Semoga seluruh kegiatan Bapak Presiden diberi kelancaran dan kesuksesan, serta manfaat besar bagi seluruh masyarakat di Jatim,” kata Khofifah.

Tinggalkan Komentar