Jumat, 27 Mei 2022
26 Syawal 1443

Dapat Gelar Profesor, Megawati Singgung Budaya KPop hingga Kimchi

Megawati kpop gelar kehormatan kimchi - inilah.com
Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri menerima gelar kehormatan Profesor dari Universitas Seni Seoul - ist

Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menerima gelar kehormatan profesor dari Seoul Institute of the Arts (SIA).

Univesitas Seni Seoul memberi gelar profesor kehormatan kepada Megawati di bidang ilmu kebijakan seni dan ekonomi kreatif.

Megawati menyebut kreativitas kebudayaan Korea dalam abad modern ini terlihat dari budaya KPop, drama Korea hingga makanan korea seperti Kimchi.

“Dan yang saya masih ingat ketika gangnam style yang mendadak begitu populer. Demikian halnya makanan Korea. Dimana-mana sangat mudah ditemukan restoran Korea. Kimchi saat ini sangat dikenal di Indonesia,” kata Megawati dalam pidato sambutan acara penganugerahan di Kampus SIA, di Seoul, Korea Selatan, Rabu (11/5/2022).

Baca juga
Wilayah Level 2 Mampu Kendalikan Covid-19 Dengan Tiga Hal Ini

Dengan diterimanya secara luas kebudayaan bangsa Korea, lanjut Megawati, menunjukkan bagaimana jati diri kebudayaan telah menjadi karakter kuat sebuah bangsa. Hal ini juag bisa menjadi modal perdamaian dengan Korea Utara.

“Dengan kuatnya identitas kebudayaan bangsa Korea tersebut, menurut saya, akan menjadi modal penting di dalam mendorong perdamaian dunia, termasuk di Semenanjung Korea,” ujar Megawati.

“Dengan menerima profesor kehormatan ini, maka pengembangan kebudayaan Indonesia, dan bagaimana upaya membangun kerjasama kebudayaan kedua bangsa menjadi bagian tanggung jawab saya. Kerjasama kebudayaan tersebut tidak hanya mencakup pendidikan, ekonomi kreatif, diplomasi kebudayaan, namun juga dialog kebudayaan,” pungkas Megawati.

Tinggalkan Komentar