Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Dari Rapat Koordinasi hingga Temu Bisnis, Ini Bentuk Kemitraan Bea Cukai dan Pemda Sukseskan Ekspor UMKM

Senin, 04 Jul 2022 - 18:02 WIB
bea cukai
Bea Cukai

Bea Cukai terus berupaya menjaga daya beli masyarakat dan mendukung keberlangsungan dunia usaha, khususnya para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui kemudahan ekspor dan impor.

Sinergi antara unit vertikal Bea Cukai dan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM berorientasi ekspor dilakukan melalui berbagai program, mulai dari pelaksanaan rapat koordinasi hingga temu bisnis.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan di Sampit, Bea Cukai berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Seruyan untuk mengembangkan sentra industri kecil dan menengah (IKM) pengelolaan hasil laut. Kedua pihak bekerja sama memberikan gambaran proses ekspor kepada para pelaku usaha dan mendorong mereka untuk bisa melakukan ekspor.

Hal serupa dilakukan Bea Cukai Jakarta, yang melaksanakan rapat koordinasi pemberdayaan UMKM bersama Suku Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM (PPKUKM) Kota Jakarta Timur. Rapat tersebut bertujuan untuk memperkuat jalinan koordinasi, kolaborasi, konsultasi, dan pengumpulan data pemberdayaan UMKM Kota Jakarta Timur. Kedua pihak membahas program nasional Bea Cukai dalam rangka mendorong UMKM berorientasi ekspor, pengelompokan UMKM yang dibina oleh Suku Dinas PPKUKM, keunggulan UMKM, serta kendala UMKM berorientasi ekspor.

Kerja sama antara kantor pelayanan Bea Cukai dan pemerintah daerah juga tercermin dari dibentuknya Tim Klinik Ekspor Balikpapan berdasarkan Surat Keputusan Walikota Balikpapan Nomor 188.45-455/2021 tanggal 30 Desember 2021. Menindaklanjuti hal tersebut, Bea Cukai Balikpapan bersama Dinas Perdagangan Kota Balikpapan dan Rumah BUMN Balikpapan menyelenggarakan rapat koordinasi dalam rangka kerja sama Klinik Ekspor Balikpapan.

Baca juga
Bea Cukai di Jateng dan DIY Gelar Sosialisasi Ketentuan Cukai

“Tim Klinik Ekspor Balikpapan terdiri dari Bank Indonesia Balikpapan, Dinas Perdagangan Kota Balikpapan, Bea Cukai Balikpapan, dan instansi terkait lainnya yang merupakan bentuk kolaborasi dan sinergi antarinstansi untuk dapat memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi pelaku usaha ketika melakukan ekspor. Tujuan pembentukan tim ini ialah guna menyatukan pelayanan yang sebelumnya tersebar di tiap-tiap instansi dan kini menjadi pelayanan satu atap untuk memudahkan para pelaku UMKM mendapatkan informasi terkait ekspor,” jelas Hatta.

Menurutnya, pembahasan pada pertemuan tersebut fokus pada pengoptimalisasian Klinik Ekspor Balikpapan untuk mengatasi kendala yang selama ini dihadapi pelaku UMKM berupa pola pikir pesimistis seperti proses perizinan yang rumit, biaya produksi yang tinggi, kuantitas ekspor yang besar, dan kualitas barang ekspor yang tinggi. Hal ini mendorong adanya gagasan untuk membentuk forum diskusi secara online/offline yang ditujukan untuk memberikan pelatihan kepada pelaku usaha UMKM yang ingin melakukan ekspor.

Baca juga
Bea Cukai Layani Ekspor 3 Perusahaan Penerima Fasilitas Kawasan Berikat

Selain pelaksanaan rapat koordinasi, kemitraan Bea Cukai dan pemda juga diwujudkan dalam kegiatan temu bisnis, seperti yang dilaksanakan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagut) dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado.

“Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara yang diwakili oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, M. Anshar, menghadiri Kegiatan Pengembangan Promosi Produk IKM/UMKM untuk Menjalin Kemitraan – Temu Bisnis IKM Bermitra dengan pelaku usaha besar yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado. Dalam kegiatan ini, Bea Cukai memberikan pelatihan relugasi ekspor serta berusaha mengurai kendala-kendala yang dihadapi oleh para eksportir. Hal ini sejalan dengan tugas Bea Cukai, yakni industrial assistance,” ujarnya.

Baca juga
Dijamin Terantar dalam 15 Menit, Ini Aplikasi untuk Belanja Kebutuhan Harian

Hatta pun berharap melalui kemitraaan Bea Cukai dan pemda, para pelaku UMKM di berbagai daerah akan teredukasi dan terasistensi dengan baik dalam melaksanakan ekspor, “Semoga para pelaku UMKM mampu bersaing secara internasional dan memanfaatkan beragam fasilitas dan pelayanan yang telah diberikan pemerintah. Bea Cukai berkomitmen untuk mewujudkan UMKM yang mampu bersaing dan tangguh untuk bersinar di pasar internasional.”

Tinggalkan Komentar