Kamis, 02 Februari 2023
11 Rajab 1444

Dari Titik Nol IKN, Kaum Muda Hasilkan Lima Manifesto Pemuda Indonesia

Jumat, 28 Okt 2022 - 12:51 WIB
Penulis : Wiguna Taher
Ikn - inilah.com
Suasana diskusi perumusan Manifesto Pemuda Indonesia dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 di Titik Nol IKN Nusantara. (Foto: Istimewa)

Kemah Pemuda Nusantara yang dilaksanakan di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai rangkaian kegiatan Puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda menghasilkan Manifesto Pemuda Indonesia.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Nasional Hari Sumpah Pemuda ke-94 Asorun Niam Sholeh dalam laporannya pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 di Titik Nol Nusantara, Sepaku Penajam Paser Utara, Jumat (28/10/2022).

Kemah Pemuda Nusantara yang diikuti oleh 194 peserta dengan 68 tenda ini diisi dengan berbagai kegiatan, mulai atraksi budaya, orasi, renungan, hingga diskusi pendalaman.

“Diskusi yang sangat hidup dan dinamis hingga larut malam dengan tema-tema strategis kebangsaan. Dan luar biasanya Menpora juga bergabung dalam forum yg hingga dinihari tersebut, untuk menyemangati”, ujar Niam.

Baca juga
Jokowi Bakal Kesulitan Bangun Istana di IKN dengan Urun Dana Rakyat

Dalam diskusi pada Kemah Pemuda Nusantara tersebut, dihasilkan Manifesto Kepemudaan, yang dibacakan perwakilan pemuda saat Puncak Hari Sumpah Pemuda, usai pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda.

Adapun manifesto tersebut adalah Kami Putra dan Putri Indonesia Berkomitmen:

  1. Menjaga persatuan dalam keberagaman guna harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara;
  2. Mendorong pemerataan akses dan meningkatkan kualitas pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia;
  3. Meningkatkan pemberdayaan ekonomi kreatif pemuda untuk kesejahteraan rakyat Indonesia;
  4. Berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam secara berkelanjutan;
  5. Adaptif dan kolaboratif dalam menghadapi tantangan kebangsaan dan perubahan dunia.

Acara Puncak Hari Sumpah Pemuda dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri oleh Menpora RI yang mewakili Presiden RI, para Menteri Kabinet Indonesia Maju di antaranya Menko PMK Muhajir Efendy, Gubernur Kaltim Isran Noor, Gubernur Gorontalo Hamka Noor, para Gubernur se-Indonesia yang tergabung dalam ruang virtual, Pangdam Mulawarman, Kapolda Kaltim, para Bupati/Walikota se-Kaltim, pimpinan lembaga negara, pimpinan BUMN, pimpanan Universitas, dan para pimpinan organisasi kepemudaan, kemahasiswaan, dan kepelajaran.

Tinggalkan Komentar