Jumat, 07 Oktober 2022
11 Rabi'ul Awwal 1444

Dear Baim Wong, Coba Simak Nasehat Kang Emil Soal Citayam Fashion Week Ini

Senin, 25 Jul 2022 - 12:30 WIB
Dear Baim Wong, Coba Simak Nasehat Kang Emil Soal Citayam Fashion Week Ini
Paula Verhoeven dan Bonge di Citayam Fashion Week

Baim Wong terus mendapat sorotan usai mengeklaim Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Keyakinan Intelektual (PDKI).

Meski sudah memberikan klarifikasi atas tujuannya mendaftarkan Citayam Fashion Week itu, banjir kritik tidak serta merta berhenti.

Mulai dari sesama artis, anggota dewan, sampai barisan netizen ‘rajin’ mengkritik aksi Baim yang dinilai tak pantas mendaftarkan brand Citayam Fashion Week.

Kekinian, sorotan juga datang dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dalam postingannya, Kang Emil, sapaan akrabnya, menyebut tak semua hal bisa dilihat dari sisi komersil.

“Tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula,” tulis Kang Emil dalam akun Instagramnya, Senin (25/7/2022).

Baca juga
Ridwan Kamil Kutuk Keras Guru Pemerkosa 12 Santriwati

Kang Emil khawatir, begitu diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Biasanya gerakannya malah akan mati muda.

“Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional,” ungkapnya.

“Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture,” sambungnya mengutip ucapan yang kerap dilontarkan Jeje, salah satu ikon Citayam Fashion Week.

Kang Emil melihat fenomena Citayam Fashion Week yang tengah ramai dikalangan ABG sekitaran Jakarta hanya bagian dari anak muda untuk mengekspresikan diri.

“Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur. Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda,” tegasnya.

Baca juga
Akhirnya, Baim Wong dan Kakek Suhud Bertemu Saling Memaafkan

“Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja,” sambungnya.

Sebelumnya Baim dan Paula melalui perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment mendaftarkan brand Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Berdasarkan laman resmi PDKI yang diakses, brand Citayam Fashion Week yang diajukan PT Tiger Wong Entertainment memiliki nomor permohonan Jid2022052181.

Brand itu mulai diterima PDKI Kemenkumham pada 20 Juli 2022 lalu. Sementara itu, brand itu mulai dilindungi pada 21 Juli 2022.

Selain Baim Wong, Citayam Fashion Week juga didaftarkan pihak lain bernama Indigo Aditya Nugroho ke Kemenkumham. Indigo Aditya Nugroho memiliki alamat di Kampung Pabuaran Kulon, Kelurahan Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri Bogor.

Baca juga
UAH Ajak Umat Berdoa untuk Eril: Semoga Allah SWT Memberikan Segala Takdir Terbaik

Kritik pun langsung mengalir deras atas klaim Baim dan Indigo terhadap Citayam Fashion Week yang dinilai jadi komoditi bisnis dari anak-anak yang nongkrong di kawasan Dukuh Atas, Sudirman tersebut.

Tinggalkan Komentar