Senin, 26 September 2022
30 Safar 1444

Demo 114 Jadi Sorotan Dunia

Selasa, 12 Apr 2022 - 01:50 WIB
Kenaikan BBM
Suasana aksi unjuk rasa mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR (Foto: Inilah.com)

Dunia internasional turut menyorot demo Jakarta, Senin (11/4/2022). Media dari Arab Saudi hingga Kanada meliput aksi mahasiswa yang menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tidak melanggar konstitusi dengan jabatan lebih dari dua periode.

Arab News menulis artikel dengan judul ‘Indonesia students rally against mooted move to extend president’s term’ dan menyorot wacana tiga periode Presiden Jokowi yang berasal dari sejumlah politikus.

“Mahasiswa-mahasiswa secara tradisi berada di garis depan dalam usaha melindungi pencapaian-pencapaian demokratis Indonesia, setelah turun ke jalan pada 1998 selama protes besar yang membantu melengserkan Presiden Suharto yang seorang strongman,” tulis Arab News.

Lebih lanjut, media Arab Saudi itu menyorot sikap Jokowi yang ambigu dalam masalah ekstensi jabatan. Pasalnya, Jokowi dinilai tidak pernah secara eksplisit menolak untuk tetap berkuasa lebih lama.

Baca juga
Usulan Jokowi 3 Periode Tuai Demo, Stafsus Mensesneg Beri Tanggapan

Media Kanada, Toronto Star, juga menyorot demo mahasiswa yang ingin menolak wacana penundaan pemilu 2024. Media Malaysia, Free Malaysia Today, juga turut memberitakan aksi unjuk rasa yang marak disebut sebagai ‘demo 114’ itu.

Sementara, The Diplomat dari Australia menulis penolakan Presiden Jokowi pada rapat kabinet. Jokowi memang baru-baru ini meminta jajarannya untuk tidak membahas ‘rumor’ ini lagi.

Namun, The Diplomat menyorot bahwa ‘rumor’ itu justru turut didukung oleh sejumlah menteri yang duduk di kabinet saat ini dan juga beberapa partai politik.

“Mungkin booster yang paling utama diberikan oleh Menko serba bisa Luhut Pandjaitan yang berbicara dalam rekaman bahwa mayoritas warga Indonesia mendukung ide tersebut,” tulis The Diplomat.

Sebelumnya, Menko Luhut Binsar Pandjaitan mengaku punya ‘big data’ yang menunjukkan bahwa mayoritas rakyat Indonesia setuju penundaan pemilu 2024. Namun, keberadaan data itu belum diungkap Luhut ke publik. [ikh]

Baca juga
Foto: Tolak Perpanjangan Masa Jabatan Presiden, Mahasiswa Geruduk DPR

 

Tinggalkan Komentar