Selasa, 06 Desember 2022
12 Jumadil Awwal 1444

Demokrat Belum Percaya Diri Usung AHY sebagai Capres

Jumat, 06 Mei 2022 - 21:30 WIB
Whatsapp Image 2022 04 23 At 23.59.17 - inilah.com
Demokrat butuh rekan koalisi untuk mengusung AHY sebagai capres/cawapres pada Pemilu 2024. Foto: Antara

Partai Demokrat belum percaya diri untuk mengusung Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai capres pada Pemilu 2024. Demokrat butuh rekan koalisi untuk memastikan potensi itu.

Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra menyatakan, pihaknya menunggu momentum untuk deklarasi. Setidaknya ada dua faktor yang harus terpenuhi sebelum deklarasi.

“Berbicara mengenai pilpres seperti yang disampaikan ketua umum kami, AHY, ada dua faktor yang menjadi kunci. Pertama tiket. Kedua, momentum,” kata Herzaky di Jakarta, Jumat (6/5/2022).

Untuk mendapat tiket, kata Herzaky, bergantung pada koalisi bersama partai politik lain karena ketentuan pencalonan capres harus memenuhi ambang batas 20%. “Kalau punya elektabilitas tinggi, tetapi tidak punya tiket, tidak berarti apa-apa,” kata dia.

Baca juga
Elektabilitas Airlangga Berada di Puncak Versi Survei LPMM

Mengenai momentum, ujarnya, Partai Demokrat perlu memilih waktu yang tepat. “Momentum berarti harus tepat waktunya. Kapan kami memilih dan mengumumkan pasangan calon kami ke publik. Punya elektabilitas tinggi sekarang, apa ada jaminan bakal bertahan hingga tahun depan? Survei salah satu tolak ukur,” katanya.

Herzaky tidak menampik rendahnya elektabilitas Demokrat termasuk AHY berdasarkan hasil survei belakangan ini. Namun dia menilai angka tersebut bisa berubah dan tidak menutup potensi AHY sebagai kandidat capres/cawapres.

Dia menilai sejumlah hasil survei menunjukkan elektabilitas AHY konsisten di posisi empat atau lima. “Tren elektabilitas terus meningkat,” ujar dia.

Baca juga
Pemerintah Buka Peluang Voting Elektronik dalam Pemilu 2024

 

Tinggalkan Komentar