Minggu, 04 Desember 2022
10 Jumadil Awwal 1444

Demonstrasi di Patung Kuda Sempat Ricuh, Polisi Bantah Tangkap Mahasiwa

Kamis, 15 Sep 2022 - 18:24 WIB
Amankan Demo di Patung Kuda, Kabag Ops Polres Jakpus Kena Timpuk
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol. Komarudin saat memberikan keterangan soal demo (Foto: Inilah.com/Harris Muda)

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin memastikan pihaknya tak menangkap satupun mahasiswa saat penyampaian aspirasi penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Kamis (15/9/2022). Sementara mahasiswa yang membubarkan diri sekitar pukul 17.00 WIB merasa direpresi aparat dan sebanyak tujuh orang menjadi korban.

“Faktanya tidak ada yang dimankan, kami pastikan tidak ada yang diamankan sepanjang jalannya aksi penyampaian pendapat. Karena, saya dengan Pak Dandim, memimpin langsung dalam pengamanan,” kata Komarudin saat ditemui awak media di lokasi.

Komarudin juga menolak jika disebut merepresi mahasiswa yang menggelar aksi. Dia menegaskan, aparat yang dikerahkan ke lapangan bertugas untuk  mengamankan dan melindungi keseluruh elemen aksi yang terlibat.

Baca juga
Anggota Polisi NTB Dianiaya, Kepalanya Dibenturkan ke Tembok

“Tidak ada (tindakan represif dari aparat) kalau dorong-dorongan itu biasa. Intinya bahwa kewajiban kami adalah mengamankan, memberikan pelayanan dan mengawal jalannya aspirasi yang menurut Undang-undang adalah hak setiap warga negara,” sebutnya.

Semula, demo penolakan harga BBM dari elemen Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berlangsung dengan tensi tinggi. Di tengah massa dan aparat yang terlibat cekcok, Koordinator Pusat BEM SI, Muhammad Yuza Augusti menilai Polisi telah melakukan aksi represif.

Bukan hanya itu, ia menuding tujuh anggota aksi diamankan petugas selama aksi penyampaian pendapat berlangsung. “Kawan-kawan sekalian kami menjadi korban represi, ada tujuh orang yang luka-luka. Yang katanya mahasiswa disebut untuk menyampaikan aspirasi akan diberikan kemanan, nyatanya tidak diberikan pengamanan,” terang Yuza jelang meninggalkan lokasi Patung Kuda.

Tinggalkan Komentar