Kamis, 30 Juni 2022
01 1444

Dengar Aspirasi Masyarakat, Mendag Zulhas Temui Pendemo Buruh dan Petani

Rabu, 22 Jun 2022 - 15:50 WIB
Mendag Zulhas - inilah.com
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menemui sejumlah toko penjual minyak goreng curah di Klender, Jakarta Timur, Rabu (26/6/2022)

Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan menemui dan mendengar aspirasi yang disampaikan ratusan pengunjuk rasa yang meminta pemerintah menurunkan harga bahan pokok dan minyak goreng di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2022).

Saat turun mendengar aspirasi pendemo, Zulhas dimintai swafoto oleh para pengunjuk rasa yang terdiri dari kalangan buruh dan petani.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN, Slamet Aryadi mengapresiasi sikap dan langkah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang berani turun langsung mendengar aspirasi masyarakat.

Bahkan Zulhas merespons positif unjuk rasa yang meminta adanya perbaikan terkait beragam kebijakan pemerintah di sektor perdagangan.

“Sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan pak Mendag dengan cara menemui dan mendengarkan secara langsung aspirasi masyarakat. Inilah sebetulnya yang diinginkan masyarakat agar jeritan masyarakat ini didengar dan perlu diatensi untuk menjdi bahan evaluasi untuk bisa meningkatkan kinerja pemerintah,” kata Slamet kepada inilah.com, Rabu (22/6/2022).

Baca juga
Jagung Mahal, Mendag Lutfi Sudah Prediksi, Masalahnya Stok Memang Tak Cukup

“Di demo bukan berarti jadi takut, tapi Pak Zul merespons positif dengan menemui peserta demo,” sambungnya.

Diketahui, Zulhas pada Rabu (22/6/2022) pagi meninjau ketersediaan dan stabilitas harga pangan dan minyak goreng curah di sejumlah toko dan Pasar di Klender, Jakarta Timur.

Dalam kunjungannya, Zulhas memastikan pasokan pangan relatif stabil, walaupun beberapa komiditas sedang mengalami kenaikan harga seperti cabai, bawang merah hingga daging sapi dan ayam.

Namun, soal minyak goreng, Kementerian Perdagangan segera meluncurkan minyak goreng curah kemasan dengan harga terjangkau Rp14 ribu per liter dan akan diproduksi sebanyak 300 ribu ton perbulannya.

Baca juga
Undang APTRI, Mendag Lutfi Bertekad Sejahterakan Petani Tebu

“Kita sedang mematangkan izin edarnya, namanya minyak kita, minyak curah kemasan sederhana, Kamis (24/6/2022) jadi. Senin (27/6/2022) udah mulai diproduksi 300 ribu ton per bulan,” kata Zulhas saat menyambangi sejumlah toko penjual minyak goreng curah di Klender, Jakarta Timur.

Kemudian, minyak goreng curah kemasan akan didistribusikan ke 13.968 penjual yang tergabung dalam Warung Pangan dan Warung Gurih di 20 Provinsi dan 211 Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

“Satu memang konsisten kebijakannya, kita perkuat distribusi, dipercepat ada (Warung Pangan dan Warung Gurih) di 13.968 titik. Ini (Warung Pangan dan Warung Gurih) nantinya kita juga akan (buat) iklan layanan masyarakat. Jadi bapak dan ibu yang ingin dapat minyak goreng curah dapat ke tempat layanan kita yang jumlahnya 13.968,” tandas Zulhas.

Tinggalkan Komentar