Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Depok Beri Layanan PCR Gratis Bagi Warga yang Kontak Erat

Depok Beri Layanan PCR Gratis Bagi Warga yang Kontak Erat

Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan beri layanan tes usap PCR keliling secara gratis untuk membantu pengetesan orang dengan status kontak erat pasien COVID-19.

“Kami berikan pelayanan ‘swab’ (tes usap) PCR keliling karena banyaknya kasus kontak erat COVID-19 di wilayah dan untuk memudahkan puskesmas dalam testing dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dalam memeriksa hasil pemeriksaan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati dalam keterangannya di Depok, Senin.

Dalam pelayanan tes usap PCR keliling tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Laboratorium Helix dan Kimia Farma.

Dalam satu hari, ujar dia, masing-masing laboratorium siap membantu pemeriksaan 300 spesimen.

Baca juga
Menko Airlangga: Program Perlindungan Sosial Mampu Tekan Angka Kemiskinan

Menurut Mary, pasien kontak erat yang akan jalani pemeriksaan pada pelayanan tes usap keliling ini merupakan rekomendasi dari puskesmas.

Tentunya, kata dia, awalnya berdasarkan laporan yang puskesmas berikan di wilayah masing-masing.

“Jadi pasien yang kami periksa pada pelayanan ini berdasarkan data dari puskesmas, untuk mempercepat pemeriksaan kontak erat COVID-19. Untuk hasil tes PCR akan diinformasikan kepada masing-masing peserta melalui WhatsApp 1×24 jam,” ujarnya.

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mencatat kasus harian nasional untuk positif COVID-19 di Indonesia bertambah 34.418 orang. Penambahan kasus paling banyak terjadi di Jawa Barat atau Jabar, yakni 8.105 orang pada Senin.

Baca juga
Percepat Kekebalan Komunal, BINDA DKI Jakarta Gelar Vaksinasi Massal

Data Satgas Penanganan COVID-19 pada Senin (21/2), penambahan kasus terbanyak kedua terdapat di DKI Jakarta dengan angka 5.358 orang, kemudian Jawa Timur (3.621), Jawa Tengah (3.439) dan Banten (2.611).

Tinggalkan Komentar