Deretan Mobil Listrik yang Mejeng di GIIAS 2021

Lexus LF-30
Lexus LF-30

GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 menjadi ajang bagi pabrikan otomotif untuk melaunching produk-produk baru mereka yang akan dipasarkan untuk masyarakat.

Selain merilis kendaraan baru dengan teknologi terkini, pabrikan otomotif biasanya juga memamerkan kendaraan konsep hingga kendaraan bertenaga listrik.

Kendaraan listrik digadang-gadang akan menjadi kendaraan masa depan. Perlahan tapi pasti, kendaraan ini akan menggantikan keberadaan kendaraan bertenaga fosil.

Berikut inilah.com rangkum sejumlah mobil listrik yang dipajang pabrikan otomotif di GIIAS 2021.

1. Toyota

Toyota Prius PHEV
Toyota Prius PHEV. (inilah.com/Didik Setiawan)

Toyota membawa berbagai model kendaraan terelektrifikasi pada GIIAS kali ini, antara lain COMS, C+POD, Prius PHEV, dan New Camry Hybrid Electric Vehicle (HEV) sebagai flagship model dari sedan Toyota yang sudah mengaplikasikan teknologi mesin hybrid generasi ke-4.

Toyota juga menghadirkan special exhibition e-Palette yang merupakan kendaraan autonomous masa depan yang dapat digerakkan dengan battery electric. Kendaraan berteknologi canggih itu telah dilengkapi teknologi CASE (Connected, Autonomous, Shared, Electric).

2. Hyundai

Hyundai Prophecy
Hyundai Prophecy (inilah.com/Didik Setiawan)

Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai tidak ketinggalan memboyong mobil listrik ke GIIAS 2021. Hyundai membawa mobil konsep EV Prophecy yang mengedepankan bahasa desain Sensuous Sportiness.

Prophecy menampilkan konsep aerodinamika terdepan dan teknologi berkendara otonom. Pada sisi kemudi, mobil konsep EV itu memakai dua joystick sebagai alat kendali mobil.

Baca juga  Hari Kereta Api, Begini Sejarah Perkeretaapian Indonesia

Hyundai juga menampilkan E-GMP (Electric Global Modular Platform), sebuah platform masa depan untuk EV yang dikembangkan oleh Hyundai Motor. Dengan menerapkan platform tersebut, Hyundai akan meluncurkan setidaknya 23 model EV baru hingga akhir 2025 dan akan memasok sebanyak lebih dari satu juta unit EV ke penjuru dunia.

Mobil listrik lain yang ditampilkan Hyundai dalam GIIAS 2021 yaitu, KONA Electric dan IONIQ Electric.

3. Lexus

LF-30 Electrified Concept
LF-30 Electrified Concept . (inilah.com/Didik Setiawan)

Lexus memamerkan LF-30 Electrified Concept dan Lexus UX 300e dalam GIIAS 2021. LF-30 Electrified Concept memberikan gambaran kepada konsumen tentang teknologi mobil di masa depan, yakni autonomous driving. Selain itu Lexus juga membawa New Lexus ES Hybrid.

4. Wuling

Baca juga  Tempuh Jarak 1.360 Km dalam Sekali Pengisian Bahan Bakar, Toyota Mirai Catatkan Rekor Dunia
Wuling GSEV
Wuling GSEV (inilah.com/Didik Setiawan)

Pabrikan mobil asal China ini juga tidak ingin ketinggalan dengan para pesohor pabrikan otomotif di Indonesia. Wuling memajang kendaraan listrik Small Electric Vehicle (GSEV). Di pasar China, mobil mungil ini terjual lebih dari 650.000 unit.

Mobil dengan platform EV ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, memiliki ukuran kecil namun lapang, dengan dukungan beragam fitur dan aspek keselamatan, dan juga teknologi modern.

5. Mitsubishi

Kembali ke Jepang, pabrikan logo tiga berlian menampilkan Mitsubishi Minicab-MiEV berbentuk van mungil berkelir putih dengan tampilan yang minimalis. Sebelumnya Mitsubishi juga sudah mempunyai Outlander PHEV.

6. Nissan

Nissan membawa dua kendaraan listriknya ke GIIAS 2021, yakni All-New Nissan LEAF dan Nissan Kicks e-POWER. Nissan LEAF merupakan kendaraan listrik pertama yang dipasarkan secara massal dengan penjualan sudah mencapai 500 ribu unit secara global. Sedangkan untuk pasar Indonesia, Nissan sudah meluncurkan kendaraan itu pada Agustus lalu.

Sedangkan Nissan Kicks menggunakan teknologi e-Power dan pengguna dapat menikmati berkendara mobil listrik sepenuhnya tanpa perlu pengisi daya eksternal.

Baca juga  Komunitas BeatBoys, Persaudaraan Musik, Fesyen dan Skuter

7. MG (Morris Garage)

MG 5 EV
MG 5 EV (inilah.com/Didik Setiawan)

Pabrikan asal Inggris Morris Garage yang saham-nya kini dimiliki pengusaha China, memboyong station wagon listrik pertamanya MG 5 EV. Wagon listrik ini diklaim memiliki daya tempuh hingga 380 km dalam kondisi daya baterai penuh.

Mobil itu menggunakan motor listrik permanent magnet synchronous dengan penggunaan rotary gear selector pada konsol tengahnya. Kapasitas bagasi MG 5 EV mampu memuat hingga 1.456 liter.

Sebagai informasi, GIIAS 2021 resmi dibuka pada Kamis (11/11/2021). GIIAS akan berlangsung selama sepuluh hari dan akan ditutup pada 21 November 2021. GIIAS diadakan di ICE BSD, Tangerang, Banten. Untuk masuk ke GIIAS, pengunjung harus mempunyai aplikasi peduli lindungi dan wajib vaksin dosis lengkap. Harga tiket masuk pada weekdays sebesar Rp50.000 dan Rp100.000 pada weekend. Pemesanan tiket hanya bisa dilakukan melalui website dan aplikasi auto 360.id. Penyelenggara tidak menjual tiket secara on the spot (OTS) atau offline.

Tinggalkan Komentar