Minggu, 26 Juni 2022
26 Dzul Qa'dah 1443

Dewan Pers dan Polri Bersinergi, Cegah Polarisasi Jelang Pemilu 2024

Selasa, 21 Jun 2022 - 17:09 WIB
Polri pers inilah.com
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo bertemu Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di Mabes Polri (foto Haris-Inilah.com)

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo bertemu Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di Mabes Polri pada Selasa (21/6/2022) membahas kerja sama antara Polri dengan Pers dalam hal peningkatan mutu jurnalistik terutama polarisasi jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Banyak hal yang kita diskusikan terkait bagaimana kita membuat MOU kemudian kerja sama untuk kemudian bisa melakukan program-program pertukaran informasi sosialisasi edukasi terkait dengan hal-hal yang memang kita perlu kerjakan,” kata Listyo.

Dengan adanya pertemuan ini, Listyo berharap bisa mencegah terjadinya polarisasi yang akan memecah belah persatuan bangsa yang biasanya muncul karena penggunaan politik identitas saat pemilu.

Baca juga
Foto: Apel Pengamanan Malam Tahun Baru 2022 di Monas

Listyo menganggap tantangan yang dihadapi dalam tahun-tahun pemilu ke depan semakin berat. Ada pun kerjasama Polri dan Dewan Pers merupakan satu langkah taktis guna mengurangi sejumlah potensi perpecahan yang mengintai.

“Saat ini kita butuh persatuan kesatuan untuk menghadapi kondisi ketidakpastian akibat dampak global dan dengan kekuatan tersebut maka Indonesia bisa menghadap situasi perkembangan global,” lanjut Listyo.

Gayung bersambut, Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra menyambut baik kerja sama dengan Polri dengan tujuan menjaga koherensi sosial di tengah masyarakat. Karena dinamika politik yang berkembang saat ini punya potensi bersar memecah belah publik.

Baca juga
Terganjal UU Mustahil TNI-Polri Aktif Plt Kepala Daerah

“Kita ingin masyarakat kita tidak terpecah belah, dan oleh karena itu kita di Dewan Pers berharap agar kawan-kawan media tidak memakai diksi-diksi yang memacah belah anak bangsa yang selama ini masih dipakai, kita harapkan itu tidak dipakai lagi,” harapnya.

Azyumardi berharap Dewan Pers mampu meningkatkan kualitas jurnalistiknya. “Kita berharap pelayanan yang diberikan itu pelayanan yang berdasarkan pada jurnalisme yang terverifikasi,” tegasnya.

Tinggalkan Komentar