Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Di Depan Heru Budi, Nasaruddin Umar Nyatakan Masjid Istiqlal Bukan Tempat Kegiatan Politik 

Kamis, 08 Des 2022 - 19:44 WIB
Img 2431(1) - inilah.com
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kanan) saat menerima kunjungan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022). (Foto: Inilah.com/Harris Muda)

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyatakan Masjid Istiqlal boleh dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, kecuali terkait politik. Hal ini dikemukakan Nasaruddin saat menerima kunjungan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022).

“Kami siap mendukung program Pemprov DKI. Kami juga menggalang kerukunan lintas agama, aula di Istiqlal juga dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, kecuali kegiatan politik,” kata Nasaruddin di depan Heru Budi Hartono.

Nasaruddin menitip pesan agar Heru dan masyarakat Jakarta mendukung Masjid Istiqlal tetap menjadi salah satu ikon Jakarta.

Pj Gubernur Heru sendiri memastikan terus mendukung sejumlah kegiatan keagamaan yang ada di Masjid Istiqlal. Pertemuan ini juga menurutnya sebagai upaya sinergitas antara Pemprov DKI dan Masjid Istiqlal.

Baca juga
Masyarakat Aktor Penting dalam Pemilu, Kemendagri Gandeng Ormas Beri Pendidikan Politik

“Kami ke sini sowan ke Bapak (Imam Besar Istiqlal). Tidak ada hal lain kecuali kami ingin meningkatkan sinergi,” ungkap Heru.

Peningkatan kerja sama ini, menurut Heru, antara lain dalam rangka pembinaan dan menjaga kerukunan umat beragama. Pemprov DKI Jakarta juga akan memberikan dukungan dengan menambah petugas-petugas kebersihan. Tujuannya untuk membantu menjaga keasrian dan kebersihan lingkungan sekitar Masjid Istiqlal, seperti trotoar atau jalur pedestrian di sekitarnya.

Pemprov DKI juga akan bersinergi dan mendukung kegiatan pembangunan tambahan di Masjid Istiqlal.

“Nanti kami bantu, kan ada kegiatan tambahan pembangunan, mungkin perizinannya nanti prosesnya dipercepat. Kami juga akan koordinasi dengan Menteri BUMN dan PUPR, nanti ada sedikit perbaikan di Monas dan bisa disinergikan dengan Istiqlal, apa-apa yang dibutuhkan, kami siapkan,” jelas Heru.

Baca juga
Popularitas NasDem Menanjak Beriringan dengan Anies Baswedan

Kemudian, saat meninjau area Masjid Istiqlal, Pj Gubernur Heru berkesempatan melihat maket dan standing banner foto-foto penataan Masjid Istiqlal. Ia pun mengapresiasi Masjid Istiqlal karena menjadi masjid pertama di dunia yang memperoleh penghargaan atau sertifikat final Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) dari International Finance Corporation (IFC) sebagai green building/ bangunan ramah lingkungan.

 

Tinggalkan Komentar