Kamis, 07 Juli 2022
08 Dzul Hijjah 1443

Di Tengah Hingar Bingar PON Papua XX, Kericuhan Muncul di Yahukimo

Senin, 04 Okt 2021 - 13:49 WIB
Di Tengah Hingar Bingar PON Papua XX, Kericuhan Muncul di Yahukimo - inilah.com
istimewa

Di tengah hingar bingar pagelaran PON di Papua XX, terdapat kericuhan di Yahukimo, Papua. Hal tersebut mengakibatkan sekitar seribu orang mengungsi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua ke XX di Jayapura, Papua, pada Sabtu, (02/10/2021). Pesta olahraga nasional yang digelar empat tahunan tersebut mempertandingkan 6.442 atlet dari seluruh Indonesia.

Perhelatan PON XX tersebut digelar sejak 2-15 Oktober 2021 di empat wilayah, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Kericuhan tersebut terjadi karena bentrokan antar suku yang pecah di Distrik Dekai. Hal ini terjadi saat akhir pekan lalu.

Baca juga
Haornas 2021, Presiden Jokowi: Rancang Ekosistem Olahraga Nasional yang Modern

Data yang dihimpun INILAHCOM, Jakarta, Senin, (04/10/2021), dalam insiden tersebut masyarakat adat yang berasal dari Suku Yali diserang suku Kimyal. Hal ini mengakibatkan seseorang meninggal dunia.

“Masyarakat yang mengamankan diri di Polres Yahukimo di perkirakan kurang lebih seribu orang yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak,” ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal.

Hingga kini pihak kepolisian terus melakukan penyidikan terhadap kekisruhan yang terjadi di Yahukimo, Papua.

Masih menurut Ahmad Musthofa Kamal, ada sekitar 52 orang dari Suku Kimyal yang diduga menjadi pelaku penyerangan.

Dia menambahkan, pihaknya berhasil menghalau massa. Namun, akhirnya, kembali terjadi penyerangan terhadap masyarakat suku Yali.

Tinggalkan Komentar

×