Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Di Titik Nol IKN, Jokowi Akan Gelar Ritual Kendi Nusantara bersama 33 Gubernur

tenda IKN
Presiden Jokowi akan berkemah di IKN

Besok, Senin (14/3/2022) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan ritual Kendi Nusantara bersama 33 gubernur se-Indonesia yang hadir di titik nol IKN.

Sebanyak 33 gubernur yang hadir itu akan menyerahkan tanah dan air dari wilayahnya masing-masing, kemudian disatukan ke dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol IKN bernama Nusantara.

Sementara untuk Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor membawa tanah dan air dari dua daerah yakni Kabupaten Kutan Kartanegara dan Kabupaten Paser. Sebab, lokasi IKN sebagian berada di wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara dan Kesultanan Paser.

Bahkan untuk pengambilan tanah dan air di dua daerah kesultanan itu harus melalui prosesi sakral. “Alhamdulillah, prosesi pengambilan tanah dan air dari dua wilayah yang mewakili Kerajaan atau Kesultanan di Kaltim yang dilaksanakan Sabtu 12 Maret 2022 berjalan lancar,” katanya, Minggu (13/3/2022).

Baca juga
Temui Massa Buruh di Depan Balai Kota, Anies Duduk Bareng di Jalanan

Pengambilan tanah dan air di Kukar dan Paser, menurutnya, sebagai simbol rakyat Kaltim siap dan akan bekerja keras untuk menyukseskan IKN.

Prosesi pengambilan tanah di Paser berlangsung ritual adat dipimpin SPYM Aji Muhammad Jarnawi SH dan SPYM Muhammad Sultan Alamsyah III.

Sementara pengambilan tanah dan air di Kutai Lama Kukar dilakukan oleh Ketua Adat Kutai Lama Abdul Munir dan disaksikan Camat Anggana Rendra Abadi, Syafranuddin, Kapolsek Anggana AKP Andy Wahyudi serta Kepala Desa Kutai Lama Nurdin.

Tanah dan air yang disimpan dalam tempat khusus dan berbungkus kain kuning lalu dimasukkan ke dalam Anjat (ransel khas Dayak).

Baca juga
Sejumlah Perwira Tinggi Polri Dimutasi, Mulai dari Kadiv Humas hingga Kapolda

Anjat itu kemudian diserahkan ke Gubernur Kaltim Isran Noor untuk diikutsertakan dalam ritual Kendi Nusantara di IKN.

Tinggalkan Komentar