Dialog Kebangsaan, DPD Soroti Capres Non Partai

Dialog Kebangsaan, DPD Soroti Capres Non Partai - inilah.com

Kelompok DPD di MPR berharap amandemen UUD 1945 memberikan kontribusi besar untuk bangsa dan negara. Hal ini diungkap dalam Dialog Kebangsaan yang digelar di Lobby Gedung DPD RI Komplek Senayan, Jakarta.

Amandemen diharap bisa menjawab berbagai persoalan kondisi negara saat ini, seperti halnya calon presiden dari perseorangan.

Adanya ambang batas atau presidential Threshold saat ini menutup munculnya calon perseorangan yang memiliki kemampuan sebagai pemimpin bangsa untuk membangun daerah.

“Kalau betul-betul bicara demokrasi, kenapa demokrasi kita seolah-olah habis dibagi oleh partai politik saja,” kata M Syukur, Sekretaris Kelompok DPD di MPR.

Hal senada dikatakan oleh Anggota DPD RI Ahmad Kanedi. Dirinya kerap mendengarkan aspirasi masyarakat yang menginginkan adanya capres perseorangan, namun terhambat oleh aturan.

Baca juga  Ganjar Jadi Tokoh yang Bisa Menyamai Elektabilitas Prabowo

“Itu murni yang menjadi suara masyarakat. Banyak yang bertanya, kenapa presiden itu tidak bisa dari calon perseorangan?” ujarnya.

Dirinya berharap aspirasi masyarakat ini menjadi bahan pertimbangan dan sistem politik di Indonesia tidak hanya dikuasai oleh kelompok tertentu saja.

Tinggalkan Komentar