Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Dianggap tak Bersahabat, Putin Enggan Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan Amerika

Selasa, 05 Jul 2022 - 16:34 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Putin dan Biden 4 juli - inilah.com
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden AS Joe Biden bertemu di Villa La Grange, Jenewa, Swiss, 16 Juni 2021 - ist

Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menyampaikan selamat kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam peringatan Hari Kemerdekaan AS pada 4 Juli.

Juru bicara Kantor Kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov, menyebut AS telah melakukan tindakan-tindakan yang tidak bersahabat kepada Moskow dalam beberapa waktu terakhir.

“Ini karena tahun ini, arah politik tidak bersahabat dari Amerika Serikat terhadap Rusia telah mencapai titik puncaknya. Di bawah situasi ini, mengirim pesan ucapan selamat hampir tidak tepat,” kata Peskov dalam pernyataan yang dikutip The Moscow Times, Selasa (5/7/2022).

Sikap yang tidak bersahabat yang dimaksud Moskow yaitu, sederet sanksi yang diberikan Amerika kepada Rusia terkait operasi militer di Ukraina.

Bahkan pada Maret lalu, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov menyebut hubungan antara Kremlin dan Gedung Putih berada di ambang perpisahan.

Baca juga
Jelang HUT RI ke-77, TNI Latihan Militer Gabungan dengan Amerika, Australia dan Jepang

Mengutip Interfax, satu-satunya cara untuk menyelamatkan hubungan kedua negara adalah AS menghentikan pasokan senjata untuk Ukraina, dan memproyeksikan pengaruh positif pada Kiev.

Putin tidak mengucapkan selamat peringatan Hari Kemerdekaan Amerika yang jatuh setiap tanggal 4 Juli sejak tahun 2020.

Sebaliknya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan untuk AS via akun Twitter resminya. Zelensky menyebut peringatan 4 Juli menjadi perayaan nilai-nilai bersama untuk kebebasan, demokrasi dan kemerdekaan kedua negara.

Tinggalkan Komentar