Dicurhati Pedagang Pasar Alam Sutra, Mendag Lutfi: Sabar Ya…

Dicurhati Pedagang Pasar Alam Sutra, Mendag Lutfi: Sabar Ya... - inilah.com
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mencoba aplikasi PeduliLindungi (ist)

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi blusukan ke Pasar Modern 8, Alam Sutera, Tangerang Selatan (Tangsel), dalam rangka uji coba pemberlakuan aplikasi PeduliLindungi.

Saat menyambangi pasar itu,  Mendag Lutfi mencoba untuk membuka aplikasi PeduliLindungi. Dan, men-scan barcode yang sudah disediakan. Setelah itu, dia berkeliling ke beberapa pedagang dan melakukan dialog.

Saat berdialog dengan beberapa pedagang, termasuk penjual ikan bernama Halimah. Selama pandemi COVID-19, dia mengeluhkan sepinya penjualan.  “Sepi Pak, kadang ngga laku tiga sampai empat hari. Ini juga harga ikan naik,” kata dia kepada Mendag.

Mendengar keluhan itu Mendag meminta pedagang untuk sabar. “Sabar ya Uu,” katanya.

Baca juga  Ekspor Indonesia Makin Oke, Mendag Lutfi Tambah Pede

Selain ke penjual ikan, Mendag Lutfi juga berdialog kepada pedagang makanan ringan. Saat berdialog pedagang mengaku penjualannya tetap stabil dan cenderung meningkat.

“Selama pandemi ini stabil ya, dagangan saya ya meningkat aja,” kata seorang pedagang kepada Mendag Lutfi.

Mendag Lutfi juga berkeliling sampai ke pedagang sayur hingga daging. Dan, pedagang kompak mengeluhkan bahwa penjualan menurun selama pandemi COVID-19.

Dalam blusukan ini Mendag didampingi oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan serta Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Petahana Pilar Saga Ichsan.

Sebagai informasi, Pasar Modern 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan menjadi salah satu dari 6 pasar yang masuk daftar uji coba pemberlakuan PeduliLindungi. Uji coba juga dilakukan di Pasar Mayestik di Jakarta, Pasar Blok M di Jakarta, Pasar Baltos di Bandung, Pasar Modern BSD di Tangerang Selatan, dan Pasar Wanadri di Semarang.

Baca juga  Menunggu Tangan Dingin Lutfi Cetak Transaksi US$1,5 Miliar di Forum TEI Ke-36

Sebelumnya, Mendag mengungkapkan penggunaan aplikasi ini diharapkan bisa memberikan keamanan dan kenyamanan untuk pengunjung dari penularan COVID-19. Selain itu diharapkan bisa menggerakkan perekonomian nasional.

“Ada beberapa pasar rakyat yang akan diuji coba dengan memperhatikan tingkat vaksinasi pedagang dan pengelola pasar rakyat,” kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/9/2021).

Selain itu yang harus dipertimbangkan adalah pedagang dan pengelola pasar sudah divaksinasi 100 persen. Lalu pasar juga wajib menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan rekomendasi Kementerian Perdagangan.

Tinggalkan Komentar