Minggu, 04 Juni 2023
14 Dzul Qa'dah 1444

Didukung Demokrat, Anies Diwanti-wanti Tak Asal Pilih Cawapres

Kamis, 02 Mar 2023 - 17:13 WIB
AHY dan Anies
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama Anies Baswedan (kanan) di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3/2023). (Foto: Inilah.com/Harris Muda)

Majelis Tinggi Partai Demokrat sepakat mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ketua Umum (Ketum) Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, kesepakatan ini juga memberi restu kepada Anies dibebaskan untuk memilih calon wakil presiden (cawapres).

“Pada 26 Januari 2023, sebetulnya secara resmi saya menyampaikan sikap dan posisi Partai Demokrat untuk mengusung Bapak Anies Baswedan sebagai calon Presiden Republik Indonesia. Tentu juga, kami menyerahkan kepada beliau untuk bisa menentukan pasangannya,”kata AHY di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Namun, AHY mengingatkan, penetapan cawapres itu tak bisa sembarangan. Menurut dia, cawapres Anies harus sesuai kriteria yang telah disepakati secara bersama.

Baca juga
Rapat Komisi II DPR Mendadak Tertutup Usai Dugaan Kecurangan KPU Diungkap

“Yang tentunya memiliki sejumlah kriteria yang diyakini juga bisa meningkatkan kans kemenangan. Tentunya memiliki kesamaan dalam visi perubahan dan berbagai hal lain yang seharusnya memang dipertimbangkan agar kita bisa sukses dan menang bersama,” ujar AHY.

Adapun kriteria bacawapres sudah disebutkan oleh Anies ketika berkunjung ke Bandung pada 22 Januari 2023. Anies mengaku akan memilih cawapres yang paling berkontribusi pada pemenangan, stabilitas koalisi, efektivitas pemerintahan, serta memiliki chemistry atau dwi tunggal.

Tinggalkan Komentar