Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Digadang-gadang Maju Pilgub, Gibran Mulai Dikasih Panggung

Kamis, 23 Jun 2022 - 10:23 WIB
Gibran 12 1 - inilah.com
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mulai mendapat panggung di tengah wacana maju pada Pilgub 2024. Foto: Antara

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mulai diberi panggung, setelah digadang-gadang bakal maju pada Pilgub 2024. Gibran ditunjuk oleh Presiden Jokowi, yang juga ayahnya, untuk menjabat sebagai Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games 2022 Organizing Committee (INASPOC), di Jawa Tengah (Jateng).

Gibran mulai memberi bocoran atas rencana upacara pembukaan ASEAN Para Games. Gibran menjanjikan bakal memberi hiburan dan mendatangkan artis dari skala lokal hingga nasional.

“Akan ada hiburan dari beberapa artis ibu kota,” kata dia, di Solo, Selasa (22/6/2022).

ASEAN Para Games digelar di Solo, Jateng, pada 30 Juli-6 Agustus 2022. Kegiatan ini bakal melibatkan 1.648 atlet dari 11 negara untuk mempertandingkan 14 cabang olah raga di Solo, Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar, dan beberapa tempat lainnya.

Baca juga
Ganjar Temani Jokowi Tanam Bawang Merah di Temanggung

Ajang ini menjadi acara internasional pertama yang dipimpin Gibran dengan kapasitasnya selaku Wali Kota Solo. “Acara intinya dari jam 19.00-21.00 WIB, tapi nanti ada pre-show juga. Warga bisa nonton, terbuka untuk umum dan gratis, ada band lokal banyak. Nanti akan ada kejutan-kejutan juga, kayak Asian Games dulu kan presiden naik motor,” katanya.

Gibran digadang-gadang maju pada Pilgub 2024 setelah bertemu dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto pada akhir pekan lalu. Spekulasi ini semakin menguat setelah Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR Puan Maharani memberi sinyal mendukung putra sulung Jokowi untuk maju.

Baca juga
Demokrat: Jokowi tak Hanya Wariskan Jalan Tol Panjang, Utangnya Juga Segunung

Pada sejumlah kesempatan, Gibran mengaku siap untuk maju pada Pilgub DKI 2022. Namun terdapat pula spekulasi yang menyebutkan Gibran diproyeksikan mengganti Ganjar Pranowo memimpin Jateng.

Ketika disinggung mengenai hal itu, Gibran memberi jawaban diplomatis. “Saya fokus di Solo dulu, menggarap ASEAN Para Games,” tuturnya.

Sekalipun begitu, Gibran tidak membantah membangun komunikasi dengan banyak petinggi parpol terkait rencananya maju pilgub. “Yang namanya ketemu senior, petinggi partai pasti banyak saran-saran. Ini di sini, nanti ke depan di sana,” tuturnya.

Sementara Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat meminta Gibran untuk membuktikan kepemimpinannya di Solo terlebih dulu sebelum maju pilgub. Djarot mengingatkan adanya proses yang harus dilalui untuk menjadi pemimpin.

Baca juga
Jokowi Setop Ekspor CPO, Harga Sawit Rontok 81 Persen, Petani Jadi Tumbalnya

“Untuk ke depan itu nanti melalui proses toh masih sangat lama, masih 2024, jadi sudah fokus saja di Solo untuk kerja maksimal untuk lebih memajukan rakyat Solo,” ucapnya.

 

 

Tinggalkan Komentar