Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Digadang Jadi Capres, Susi: yang Saya Punya Hanya Partai Ikan

Minggu, 03 Jul 2022 - 17:34 WIB
Whatsapp Image 2022 06 18 At 8.27.20 Pm - inilah.com
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno disambut Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti saat hendak menyaksikan ajang Susi Air Jambore Aviation (SAJA) 2022 di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip Pantai Barat Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (18/6/2022). Foto: Antara

Eks Menteri KKP Susi Pudjiastuti digadang-gadang untuk maju jadi calon presiden (capres), bahkan Komunitas Pendukung Ibu Susi (Kopi Susi), menggelar deklarasi, di Graha Ardhya Garini, Jakarta, Minggu (3/7/2022). Susi turut menyikapi deklarasi itu dan menyatakan sulit baginya maju dalam pilpres.

Susi mengaku harus realistis, dirinya bukan orang partai politik (parpol) sehingga tertutup peluang untuk maju dalam Pilpres 2024. Secara guyon dia menyebut partai yang dimilikinya adalah partai ikan. Dia pun merasa tidak layak dijadikan calon alternatif atau kuda hitam.

“Saya tidak punya KTA partai apa pun. Partai ikan saya punya,” kata Susi, saat menghadiri acara Kopi Susi itu.

Dia mengaku hadir dalam acara itu untuk temu kangen saja. Susi juga menolak kegiatan Kopi Susi diartikan sebagai gerakan politik.

Susi kembali mengingatkan, untuk maju menjadi capres harus diusung oleh parpol yang memenuhi ambang batas. Walaupun  mengakui sering berkomunikasi dengan tokoh-tokoh politik, baik dalam acara hajatan maupun sekadar makan siang, Susi menganggap kondisi itu bukan modal utama untuk maju dalam pilpres.

“Harus rasional dong, realistis dong. Kan tidak mungkin partai dunia maya, tidak punya threshold, tidak punya apa-apa dalam dunia nyata, mau nyalonin presiden,” bebernya.

Ketua Panitia Acara Kopi Susi, Virawati mengakui, komunitas tersebut terbentuk dari medsos. Mereka menganggap Susi, yang pernah menjabat satu periode sebagai menteri figur mumpuni untuk dicapreskan. Dia juga membantah acara deklarasi dibiayai pihak tertentu termasuk Susi.

Baca juga
Sinyal Koalisi NasDem-PKS Menguat, Surya Paloh: Kami Banyak Kesamaan

“Oligarki dia enggak suka, polarisasi dia enggak demen. Kita inginnya seperti itu, berniat memajukan Ibu Susi sebagai calon presiden,” kata Vira.

Tinggalkan Komentar