Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Digitalkan Pasar Rakyat, Kemendag Gandeng Pos Indonesia

Jumat, 11 Nov 2022 - 22:45 WIB
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga.

Jalankan program digitalisasi pasar rakyat, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng PT Pos Indonesia (Persero). Pasar rakyat di Minahasa, Sulawesi Utara digarap.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia, Haris mengatakan, program digitalisasi pasar rakyat merupakan momentum penting bagi perseroan dalam mendukung program digitalisasi yang dicanangkan Presiden Jokowi.

“Adapun pelaksanaan program tersebut merujuk Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perdagangan,” ungkap Haris usai peresmian Digitalisasi Pasar Rakyat di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat (11/11/2022).

Dia bilang, upaya digitalisasi Kemendag dan Pos Indonesia, kata Haris, dilakukan dengan menyediakan sistem pembayaran melalui Quick Response Indonesian Standard (QRIS), Pospay merupakan aplikasi transaksi digital milik Pos Indonesia menggandeng sejumlah mitra.

Baca juga
Empat Transformasi BUMN yang Disasar Erick Thohir

“Digitalisasi Pasar Rakyat merupakan inisiatif bersama untuk melakukan transformasi digital pada proses bisnis di pasar rakyat yang bersifat end-to-end, yakni dari proses bisnis luring lewat tunai menjadi daring atau nontunai. Hal ini kami fokuskan dalam bentuk nontunai, digital, dan berbasis aplikasi,” papar Haris.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga mengapresiasi upaya Pos Indonesia dalam mengawal dan menyosialisasikan program Digitalisasi Pasar Rakyat.

Jerry menilai, upaya literasi digital kepada masyarakat yang dibantu oleh Pos Indonesia berjalan dengan baik. “Banyak pedagang pasar khawatir apakah uangnya akan sampai atau tidak jika dibayar dengan sistem scan. Kami bersinergi untuk memastikan konsumen dan pedagang tersosialisasi dan bisa mengaplikasikan teknologi digital,” ucapnya.

Baca juga
Proyek Trans Sumatera Mubazir, Tol Aceh-Sigli Keren tapi Sepi

Dengan sinergi Kemendag dengan Pos Indonesia, Jerry optimistis digitalisasi pasar rakyat di seluruh Indonesia akan berjalan dengan lancar. “Target kita memastikan sebanyak-banyaknya di seluruh wilayah di Indonesia, karena ini sesuai arahan Bapak Presiden agar kita mendigitalisasi pasar untuk meningkatkan kemudahan bagi konsumen, pedagang, dan semua pihak untuk bisa melakukan pembayaran dengan praktis,” ucap Jerry.

Jerry mengapresiasi upaya PT Pos Indonesia mendukung percepatan inklusi keuangan dengan terus menerus mengedukasi masyarakat terkait digitalisasi.
“Kami melakukan literasi dengan dibantu PT Pos, terima kasih. PT Pos terus mengawal, memastikan pedagang tersosialisasikan dengan baik,” tuturnya.

Tinggalkan Komentar