Kamis, 09 Februari 2023
18 Rajab 1444

‘Dipelintir’ Media Barat Masuk RS, Menlu Rusia Hadir di Pembukaan KTT G20

Selasa, 15 Nov 2022 - 09:57 WIB
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov berjabat tangan dengan Presiden Jokowi. (Foto: VOI).

Sempat dikabarkan sakit dan dirawat di rumah sakit (RS), ternyata Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia, Sergei Lavrov segar bugar. Hadir dalam pembukaan KTT G20 di Apurva, Nusa Dua, Bali, berjabatan tangan erat dengan Presiden Jokowi.

Pada Selasa (15/11/2022), sekitar pukul 09.17 WITA, Lavrov terlihat memasuki lokasi KTT G20. Kehadiran Lavrov seolah ingin membantah informasi bahwa dirinya sedang sakit dan harus menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Bali.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova membantah informasi tersebut. Yang benar, menurutnya, Lavrov sangat menikmati liburan di Bali.

Lavrov pun langsung mengunggah potongan video ketika dirinya tengah bersantai di kamar hotel. Duduk di teras, mengenakan kaos dan celana pendek, sembari membaca dokumen.

Baca juga
Suka atau Tidak, "Endorsement" Jokowi Penting untuk Pilpres 2024

Ditanya ihwal berita yang menyebut dirinya sakit, Lavrov langsung menuding media Barat selalu menuliskan kepalsuan tentang Rusia. Termasuk kabar sakitnya Presiden Rusia Vladimir Putin selama bertahun-tahun. Padahal, kenyataannya tidak begitu. “Ini bukan permainan baru dalam politik, jurnalis Barat harus lebih jujur, mereka harus menulis kebenaran,” kata Lavrov yang berusia 72 tahun.

Sebelumnya dilaporkan Associated Press, Senin (14/11/2022), Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov sempat dibawa ke rumah sakit setelah tiba di Bali untuk menghadiri KTT G20.

Lavrov yang diutus mewakili Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT G20, tiba di Pulau Dewata pada Minggu (13/11/2022). Di mana, AP melaporkan Lavrov tengah dirawat karena kondisi jantung, mengutip beberapa sumber. Selanjutnya, kementerian luar negeri Rusia membantah kabar tersebut. Hari ini semuanya terjawab.

Tinggalkan Komentar