Kamis, 18 Agustus 2022
20 Muharram 1444

Dilarang Rayakan Tahun Baru di Jawa Barat

Kamis, 16 Des 2021 - 13:41 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Ridwan Kamil - inilah.com
dok. Humas Pemprov Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melarang segala macam bentuk perayaan malam Tahun Baru 2022 di wilayah Jawa Barat.

“Di Jawa Barat tetap dilarang perayaan tahun baru. Di hotel, di destinasi wisata, di keramaian, arak-arakan, pawai itu enggak boleh,” kata Ridwan Kamil dalam keterangan persnya, Kamis (16/12/2021).

Pemda Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan meningkatkan kewaspadaan dan menerapkan pengetatan di berbagai tempat saat libur natal dan tahun baru.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menuturkan, meski kasus COVID-19 mulai mereda, tetapi potensi penularan masih tetap ada. Oleh karenanya, penanganan pandemi COVID-19 yang sudah membaik harus terus dijaga, terutama saat libur nataru.

“Kami menyadari, di mana ada kepadatan dan keramaian, potensinya naik, sehingga walaupun dibebaskan tidak (PPKM) level 3 secara aturan dari A sampai Z, kami akan menerapkan pengetatan,” ujarnya.

Baca juga
Keluarga Pastikan Pengurusan Jenazah Eril Sesuai Syariat Islam

Salah satu pengetatan yang akan dilakukan adalah melarang berbagai kegiatan keramaian saat pergantian tahun. Larangan ini meliputi perayaan tahun baru di hotel, destinasi wisata, pawai, dan titik-titik keramaian lainnya.

Dia mengatakan, Pemda Provinsi Jabar akan meningkatkan penjagaan dan keamanan di tempat-tempat wisata. Langkah tersebut dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan dan juga penggunaan aplikasi Peduli Lindungi bisa berjalan optimal.

“Kemudian mewajibkan dan akan menerapkan keamanan di tempat-tempat pariwisata. Karena kami pernah menemukan peduli lindunginya dipasang, tapi tidak dipraktikan di lapangan, sehingga kita akan perketat itu dengan sanksi juga,” tuturnya.

“Sambil mengimbau kalau bisa berbahagianya liburannya di rumah itu tidak perlu mencari piknik ke mana-mana,” tandasnya.

Baca juga
Sempat Tantang Ridwan Kamil, Arteria Dahlan Akhirnya Mengaku Salah

Sebelumnya, Pemkab Bogor juga telah menutup kawasan Puncak, Cisarua, Bogor, pada malam pergantian tahun baru 2022. Kawasan wisata Puncak biasanya menjadi tempat yang ramai dikunjungi di setiap akhir pekan dan pergantian tahun baru.

Tinggalkan Komentar