Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Diperiksa 12 Jam di Gedung Bundar, Posisi Lutfi Aman

Kamis, 23 Jun 2022 - 10:36 WIB
0622 115814 4648 Inilah.com 1024x683 - inilah.com
Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi saat tiba di gedung Bundar Kejaksaan Agung (Kejagung) di Jakarta, Rabu (22/6/2022). Foto: Inilah.com/Didik Setiawan

Pemeriksaan hingga 12 jam yang dijalani eks Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi, di Gedung Bundar, Jampidsus, Kejaksaan Agung (Kejagung) hanya sebatas melengkapi berkas dua tersangka yaitu Indrasari Wisnu Wardhana dan Lin Che Wei. Pemeriksaan panjang tersebut tidak menandakan Lutfi bakal menyandang status tersangka.

Direktur Penyidikan (Dirdik) Jampidsus, Supardi mengungkapkan, penyidik belum menemukan adanya fakta aliran dana dari para tersangka swasta terkait pengurusan izin ekspor CPO. Dia malah balik bertanya kepada wartawan ketika ditanyai mengenai status Lutfi.

“Itu kata siapa? Jadi sampai saat ini kami belum bisa menemukan fakta itu (Lutfi terima suap dari pengusaha sawit),” kata Supardi, di Gedung Bundar, Rabu (22/6/2022) malam.

Baca juga
Kejagung Tangani 147 Ribu Perkara Sepanjang 2021 Didominasi Kasus Narkoba, Pencurian, dan Penganiayaan

Dia memastikan Lutfi bersikap kooperatif mengikuti panggilan pemeriksaan penyidik. Lutfi diminta penyidik menjelaskan mekanisme pemberian fasilitas izin ekspor CPO dan turunannya. Termasuk menjawab tudingan bahwa tersangka Lin Che Wei yang merekomendasikan perizinan ekspor.

“Pak Lutfi itu sudah membuka semua. Artinya, dia mencoba terbuka, dia terbuka betul apa yang dia dengar, dia lihat dan alami. Cuma saya tidak bisa sampaikan,” tuturnya.

Supardi memastikan jajarannya mampu membuktikan perkara ini di persidangan. Dia mengajak publik mengawal proses sidang nantinya yang terbuka untuk umum.

“Saya tidak bisa sampaikan materi. Jadi biar di pengadilan nanti terbuka di situ. Tapi nanti setelah proses ini di persidangan,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar