Senin, 16 Mei 2022
15 Syawal 1443

Diplopia, Kerusakan Saraf Mata yang Dialami Marquez usai Jatuh di Mandalika

Diplopia - inilah.com
Pebalap MotoGP Spanyol Marc Marquez dari Honda Repsol Team (tengah) dibawa ke rumah sakit setelah mengalami kecelakaan saat pemanasan di MotoGP di Sirkuit Jalan Internasional Mandalika, Lombok, Indonesia pada 20 Maret 2022 (Gettyimages)

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengungkapkan kondisinya usai crash di Sirkuit Mandalika. The baby Alien julukannya tersebut  mengalami gegar otak akibat crash parah, gagal balapan, hingga dihantam kembali cedera diplopia.

Marc Marquez dan tim Repsol Honda, atas anjuran dokter, sempat merahasiakan cedera penglihatan ganda yang Marquez alami. Mereka berharap cedera mata kanan itu membaik. Namun, Marquez mengalami nasib buruk di Pertamina Mandalika International Street Circuit. MM93 jatuh empat kali dalam sesi latihan bebas dan pemanasan jelang Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Marquez mengalami kecelakaan high side di Tikungan 7 Sirkuit Mandalika saat melakoni sesi warm up jelang balapan.

Baca juga
Evaluasi, Menparekraf Sebut Ada Catatan Jelang Balap Maret 2022

Usai mengalami kecelakaan tersebut, tim medis MotoGP mengonfirmasi bahwa Marquez mengalami gegar otak dan beberapa trauma ringan.

Pebalap asal Spanyol itu kemudian dibawa ke sebuah rumah sakit lokal di Lombok untuk menjalani pemeriksaan yang lebih lengkap.

Sebagai langkah antisipasi, tim medis MotoGP dan Repsol Honda bersama-sama memutuskan bahwa Marc Marquez tidak akan mengikuti balapan di Mandalika.

Alhasil, juara dunia MotoGP enam kali itu pun gagal tampil pada MotoGP Mandalika.

Honda mengonfirmasi

Melansir situs MotoGP, Pihak Repsol Honda pada Selasa (22/3/2022) mengumumkan bahwa Marc Marquez didiagnosis mengalami diplopia.

Penyakit yang  seperti yang Marquez alami pada 2011 itu ternyata memerlukan pemulihan lama.

Baca juga
Masih Pemulihan Mata, Marquez Dipastikan Absen MotoGP Argentina

Hal tersebut diketahui setelah Marquez mengalami ketidaknyamanan dengan penglihatannya setibanya ia di Barcelona pada Senin (21/3/2022).

Begitu tiba di Barcelona, Marquez kemudian mengunjungi dokter mata kepercayaannya, Dr. Sanchez Dalmau, di Hospital Clinic de Barcelona.

Apa itu Diplopia?

Dilansir dari laman Allaboutvision.com, Diplopia adalah gangguan saraf mata yang membuat mata bisa melihat dua gambar dari objek yang sama. Dengan kata lain, diplopia biasa disebut penglihatan ganda.

Diplopia bisa terjadi pada salah satu mata atau keduanya. Tentu, jika diplopia menyerang kedua bola mata, itu akan lebih berbahaya.

Tinggalkan Komentar