Kamis, 30 Juni 2022
01 1444

Disebut-sebut Calon Mendag, Zulkifli Hasan Sukses Berbisnis Sejak Lulus Kuliah

Selasa, 14 Jun 2022 - 21:40 WIB
Disebut Calon Mendag, Zulkifli Hasan Sukses Berbisnis Sejak Lulus Kuliah
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan calon menteri perdagangan. (DPP PAN).

Di kalangan politisi nasional, nama Zulkifli Hasan tentu saja bukan sosok yang asing. Kini, Ketua Umum PAN yang sudah kenyang asam dan garam dunia politik, dikabarkan bakal menduduki posisi anyar, menteri perdagangan (mendag) menggantikan Muhammad Lutfi.

Kalau tak ada aral, Bang Zulhas, sapaan akrabnya, bakal dilantik Rabu siang (15/6/2022), pukul 13.30 WIB di Istana Presiden, Jakarta. Mungkin tak banyak yang tahu, Zulhas ternyata punya darah bisnis sejak kuliah.

Dan, jabatan menteri, sejatinya bukan barang baru bagi pria kelahiran Lampung Selatan ini. Di era Presiden SBY, dirinya dipercaya menjadi Menteri Kehutanan periode 2009-2014.

Setelah SBY berakhir, Zulhas mencoba bertarung lagi di Pemilu dari Dapil Lampung, dan terpilih kembali. Putera dari pasangan Hasan dan Siti Zaenab, menikahi Soraya dan dikaruniai 4 orang anak.

Baca juga
Harganya Terjangkau, Mendag Lutfi Sebut 10 Ribu Titik Jual Migor Curah

Masa kecilnya sejak SD hingga SMP dihabiskan di Lampung. Saat SMA, barulah Zulhas menghirup udara ibu kota. Lulus SMA N 53 jakarta, ia melanjutkan kuliah di Universitas Krisnadwipayana, Jakarta.

Rupanya, bakat bisnis Zulhas terus menguat hingga tamat kuliah. Memberanikan diri membangun perusahaan dan sukses. Hanya dalam tiga tahun, dia memiliki perusahaan. Karena bakat ini juga, Zulhas dipercaya menjabat sebagai presiden direktur di sejumlah perusahaan.

Merasa mapan secara ekonomi, Zulhas tertarik masuk gelanggang politik. Entah mengapa, dia memilih bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN). Bisa jadi karena ikatan emosional, Zulhas adalah anggota Muhammadiyah. Apalagi mantan Ketum Muhammadiyah Prof Amien Rais adalah pendiri PAN.

Baca juga
Baru Dilantik, Ini Program Mendag Zulhas Selesaikan Masalah Migor

Selama berkarier di PAN, ia mulai menjadi pengurus PAN di bidang logistik. Pada pemilu legislatif 2004-2009, Zuhas berhasil melenggang ke Senayan. Menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan (Dapil) Lampung.

Sejak saat itu, nasib baik selalu mengiringi langkahnya. Dia pun dipercaya menjadi ketua Fraksi PAN DPR dan menjadi Sekjen DPP PAN periode 2005-2010. Menteri Kehutanan Periode 2009-2014. Masa penghujung pemerintahan SBY. Zulhas mencoba bertarung lagi di Pemilu dari Dapil Lampung dan terpilih kembali.

Dari lelaku politiknya itu, Zulhas banyak belajar. Dalam politik tak ada kawan apalagi musuh yang abadi. Alhasil, dia termasuk politisi yang cukup luwes. Berkahnya, dia punya banyak kawan. Keluwesannya ini membuat Zulhas bisa menduduki sejumlah posisi kunci. Ketua Umum PAN periode 2020-2025. Sempat menjabat Ketua Majelis Permusyawatan Rakyat (MPR), dan kini sebagai Wakil Ketua MPR.

Baca juga
Foto: Mendag Zulkifli Hasan Terima Audiensi Asosiasi Produsen Minyak Goreng

 

Tinggalkan Komentar