Kamis, 29 September 2022
03 Rabi'ul Awwal 1444

Ditahan KPK, Hakim Agung Sudrajad Dimyati Diberhentikan Sementara

Jumat, 23 Sep 2022 - 20:33 WIB
Preskon Tsk Hakim Ma (5) - inilah.com

Mahkamah Agung (MA) segera mengeluarkan surat pemberhentian sementara Hakim Agung Sudrajad Dimyati lantaran ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan suap pengurusan perkara. Sudrajad juga telah ditahan KPK

“Sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Kalau aparatur pengadilan itu sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan, maka Mahkamah Agung akan mengeluarkan surat pemberhentian sementara terhadap aparatur tersebut. Guna menghadapi pemeriksaan dengan sebaik-baiknya,” kata Ketua Kamar Pengawasan Mahkamah Agung, Zahrul Rabain di kantor KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (23/9/2022).

Zahrul menjelaskan, MA menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada KPK. Menurut dia, MA siap membantu menyediakan data, informasi, dan sejumlah hal yang dibutuhkan KPK. Hal ini demi mengusut tuntas dalam perkara korupsi yang menyeret Hakim Agung Sudrajad Dimyati.

“Kami dari Mahkamah Agung akan memberikan sepenuhnya, mendukung sepenuhnya apa yang dilakukan oleh KPK. Kami menyerahkan permasalahan ini ke dalam proses hukum yang berlaku sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang dilakukan KPK,” ujar Zahrul menegaskan.

Baca juga
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Kembali Dilaporkan ke Dewas Oleh Novel Cs

Di sisi lain, MA juga berkomitmen untuk melakukan pembenahan internal terkait pengawasan Hakim. Tujuannya para “wakil Tuhan” itu tak tergoda korupsi.

“MA selama ini sudah selalu melakukan pembenahan sistem pengawasannya baik struktural ataupun melekat. Namun, di sisi lain tentu bagaimanapun diawasi manusia. Ya jelas kita harus selalu meningkatkan cara dan sistem pengawasan. Kasus ini dapat menjadi pelajaran untuk meningkatkan pengawasan masa yang akan datang,” kata Zahrul menambahkan.

KPK pada Jumat dini hari mengumumkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati sebagai salah satu tersangka kasus dugaan suap pengurusan kasasi kepailitan Koperasi Simpan Pinjam Intidana. Sudrajat muncul di kantor KPK, Jakarta Selatan, sekitar pukul 10.00 WIB. Selanjutnya, ia menjalani pemeriksaan.

Baca juga
Ade Yasin Ditangkap KPK, PPP Hormati Proses Hukum

Pada Jumat sore, KPK mengumumkan penahanan Sudrajad Dimyati. Dia menjalani penahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Kavling C1 KPK selama 20 hari ke depan atau hingga 12 Oktober 2022.

Penerima dan Pemberi Uang Suap

KPK secara keseluruhan menetapkan sepuluh orang sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan kasasi kepailitan Koperasi Simpan Pinjam Intidana di MA.

Rinciannya, sebagai penerima suap yaitu Sudrajad Dimyati (SD) dan lima orang yang berasal dari internal MA. Kelima orang ini adalah Hakim Yustisial/Panitera Pengganti MA Elly Tri Pangestu (ETP), PNS pada Kepaniteraan MA Desy Yustria (DY), PNS pada Kepaniteraan MA Muhajir Habibie (MH), PNS MA Nurmanto Akmal (NA), PNS MA Albasri (AB).

Baca juga
Harta Bupati yang Jadi Tersangka di KPK, Miliaran Tapi Tak Punya Mobil

Adapun empat orang lainnya merupakan pemberi suap. Mereka adalah yakni Yosep Parera (YP) dan Eko Suparno (ES) selaku pengacara, pihak swasta/debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana Heryanto Tanaka (HT), dan pihak swasta/debitur Koperasi Simpan Pinjam ID Ivan Dwi Kusuma Sujanto (IDKS).

 

Tinggalkan Komentar