Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Ditangkap, Istri Jenderal Gadungan yang Tipu Wanita Hingga Rp1 Miliar

Ditangkap, Istri Jenderal Gadungan yang Tipu Wanita Hingga Rp1 Miliar
Ditangkap, Istri Jenderal Gadungan yang Tipu Wanita Hingga Rp1 Miliar

Polisi menangkap istri jenderal polisi gadungan yang menipu seorang wanita hingga Rp1 miliar di Duren Sawit Jakarta Timur.

YS (40) yang merupakan istri ‘Jenderal’ Yusuf Daiman (58) ikut aktif melakukan penipuan bersama sang suami hingga berhasil mengelabui seorang wanita berinisial I hingga merugi miliaran rupiah.

Dalam menjalankan aksinya, Yusuf mengaku sebagai anggota polisi bernama Yayah Amurdiato dengan pangkat Komisaris Jenderal (Komjen) dan berdinas di Hubinter Mabes Polri.

“Serta memiliki dana koleteral di Bank Mandiri senilai Rp30 triliun. Yang kedua YS (40), istri YD berperan meyakinkan korban dengan mengaku sebagai istri pelaku serta memiliki jabatan Direktur Utama PT Bintang Utama Perkasa,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Senin (7/3/2022).

Baca juga
610 Sekolah di DKI Siap Belajar Tatap Muka

Dengan mengaku punya dana triliunan di bank, Yusuf dan YS mengelabui I untuk bekerjasama mengerjakan proyek proyek pembangunan lahan untuk rest area di Cibitung, Cilincing, dan Tanjung Priok.

Mendengar hal tersebut, pelaku kemudian menawarkan bantuan dana untuk proyek tersebut senilai Rp20 miliar. Tapi, dengan syarat, korban wajib menyiapkan dana stand by sebesar Rp1 miliar di rekening perusahaan milik korban.

“Dana tersebut harus stand by selama enam hari. Selain itu, pelaku juga menyuruh korban untuk menandatangani slip penarikan dana Rp1 miliar dari rekening perusahaannya,” sambungnya.

Selain itu, tersangka juga turut menawarkan satu unit mobil Fortuner kepada korban untuk operasional dengan syarat menyerahkan uang Rp35 juta dan sisanya jadi tanggungan pelaku.”Setelah korban menyerahkan uang tersebut, mobil tak kunjung ada,” jelasnya.

Baca juga
Alvin Lim Beri Hak Jawab Soal Tudingan Razman Nasution

Berlanjut, pada 24 Februari 2022 tersangka mengajak korban bertemu di salah satu bank di kawasan Sudirman untuk mengecek dana collateral. Namun, di bank itu tersangka mengenalkan korban dengan seorang pejabat bank yang menyodorkan slip penarikan sebesar Rp1 miliar.

Karena tak merasa ada keanehan, korban kemudian menandatangani slip tersebut. Kecurigaan muncul saat slip berpindah tangan ke Yusuf dan segera pergi menghilang. Korban langsung melakukan pemblokiran terhadap slip penarikan tersebut.

Yusuf berhasil ditangkap Polsek Duren Sawit usai menerima laporan dugaan penipuan dengan pakaian dinas berpangkat Komjen. Penyidik juga melakukan pendalaman dan memastikan Yusuf bukanlah anggota Polri.

Baca juga
Jangan Ragukan Gubernur Anies dan Komitmen Anti Korupsinya

Atas perbuatannya, Yusuf bersama istrinya dijerat dengan Pasal 372 dan 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Tinggalkan Komentar