Kamis, 06 Oktober 2022
10 Rabi'ul Awwal 1444

Ditemukan 208 Kasus Probable Omicron di Riau

Sabtu, 05 Feb 2022 - 13:32 WIB
Penulis : Willi Nafie
Ditemukan 208 Kasus Probable Omicron di Riau

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Masrul Kasmy menginformasikan pihaknya menemukan sebanyak 208 kasus COVID-19 probable (kemungkinan) varian Omicron. Pemeriksaan probable Omicron dilakukan oleh Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad.

Ini adalah kasus konfirmasi COVID-19 yang hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan positif S-Gene Target Failure (SGTF) atau uji deteksi Single Nucleotide Polymorphism (SNP) berbasis Polymerase Chain Reaction (PCR) mengarah ke varian Omicron.

Sedangkan, kasus konfirmasi varian Omicron adalah pasien positif COVID-19 dengan hasil pemeriksaan sekuensing positif Omicron SAR-COV-2.

“Diagnosis pasti Omicron hanya bisa dilakukan dengan pemeriksaan sekuensing oleh Badan Litbangkes Kemenkes di Jakarta. Berdasarkan surat dari Badan Litbangkes Nomor: SR.01.07/2/2497/2022, tanggal 31 Januari 2022 dinyatakan 1 (satu) kasus terkonfirmasi Omicron. Kasus tersebut merupakan pelaku perjalanan luar Provinsi Riau,” katanya.

Baca juga
Foto: Pembukaan Tempat Wisata Terapkan Prokes Ketat Saat Libur Nataru

Menyikapi hal tersebut, katanya, Pemprov Riau mengambil langkah-langkah pencegahan dan pengendalian. Di antaranya, melakukan upaya peningkatan testing, “tracing”, dan “treatment” (3 T) serta percepatan vaksinasi pada semua kelompok sasaran.

Kemudian melaksanakan pengetatan dan pengawasan bagi pelaku perjalanan melalui darat, laut dan udara dari atau keluar Provinsi Riau (melalui E-HAC).

“Melakukan pengawasan bagi fasilitas kesehatan penyedia layanan pemeriksaan antigen dan PCR,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar