Divonis Penjara 4 Bulan, Kivlan Melawan: Itu Kehormatan, Saya Akan Banding

Divonis Penjara 4 Bulan, Kivlan Melawan: Itu Kehormatan, Saya Akan Banding - inilah.com
Mayjen TNI Purnawirawan Kivlan Zen Divonis 4 Bulan Penjara Atas Kepemilikan Senjata Api Ilegal

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menjatuhkan vonis penjara selama empat bulan kepada Mayor Jenderal Purnawirawan Kivlan Zen terkait kasus kepemilikan senjata api ilegal.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama empat bulan dan 15 hari,” kata Hakim Agung Suhendro di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jumat (24/9/2021).

Kivlan terbukti bersalah memiliki senjata api dan amunisi secara ilegal. Hakim memerintahkan senjata api dan semua peluru yang dimilikinya disita untuk dimusnahkan.”Menetapkan masa penangkapan dan penahanan terhadap terdakwa di kurangkan dari pidana yang dijatuhkan,” tutur Agung.

Vonis ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang menuntut Kivlan divonis tujuh bulan penjara.

Baca juga  KPK Apresiasi Vonis Uang Pengganti Rp14,59 Miliar Eks Mensos Juliari

Hukuman itu diperberat karena Kivlan tidak mengakui tindakannya membuat masyarakat resah. Sementara itu, hukuman Kivlan diringankan karena belum pernah berperkara sebelumnya.

Hukuman dia juga diringankan karena mempunyai tanggung jawab keluarga. Lalu, umur yang sudah tua menjadi hal yang meringankan untuk Kivlan. Sejumlah tugas negara yang pernah dilakukan Kivlan juga menjadi peringanan hukuman.

Menanggapi vonis majelis hakim, Kivlan dengan tidak terima dan akan mengajukan banding.”Saya tolak keputusan hakim yang menyatakan saya bersalah walaupun saya dihukum cuma 4 bulan 15 hari, tapi itu kehormatan saya. Dan saya akan banding,” tegas Kivlan.

“Saya menolak karena tidak dimasukan semua bukti dan saksi fakta yang menyatakan saya itu termasuk saya punya yang pleidoi saya dengan bukti data, foto, segala macam, tidak dimasukkan membantah semua tuntutan,” sambung Kivlan menjelaskan.

Baca juga  Terbukti Suap Penyidik KPK, Walikota Tanjung Balai M Syahrial Divonis 2 Tahun Penjara

Tinggalkan Komentar