Minggu, 14 Agustus 2022
16 Muharram 1444

DKI Mulai Persiapan Vaksinasi Dosis Ketiga

Rabu, 12 Jan 2022 - 09:55 WIB
Penulis : Willi Nafie
DKI Mulai Persiapan Vaksinasi Dosis Ketiga

Pemerintah Provinsi DKI mulai persiapan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga. Langkah DKI mulai persiapan vaksinasi dosis ketiga itu menyusul pemerintah pusat sudah mengizinkan vaksinasi tersebut mulai pada 12 Januari 2022.

“Perlu kami sampaikan juga terkait DKI Jakarta sedang persiapan,” kata Wagub DKI, Riza Patria di Balai Kota, Selasa (12/1/2022).

Menurut Riza, persiapan tersebut meliputi penyediaan fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi hingga regulasinya. Pihaknya akan segera mengumumkan detail lokasi, termasuk tanggal pasti pelaksanaannya.

“Apakah bisa dimulai besok, atau lusa, atau kapan, besok akan diumumkan. Sekarang sedang bekerja keras jajaran dinas kesehatan dan lain-lain untuk mempersiapkan segala sesuatunya ketentuannya. Regulasinya dan sebagainya besok akan diumumkan,” jelas Riza.

Seperti berita sebelumnya, Presiden Joko Widodo memutuskan vaksinasi dosis ketiga diberikan gratis untuk semua masyarakat. Pelaksanaannya, sudah berjalan pada 12 Januari 2022.

Baca juga
Wagub DKI Apresiasi Reuni 212 Tidak Digelar di Jakarta

Sasaran vaksinasi booster adalah masyarakat berusia 18 tahun ke atas. Dengan prioritas Lansia dan penderita imunokompromais dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik. Serta minimal 6 bulan setelah penyuntikan dua dosis.

Pemerintah akan memberikan vaksinasi booster dengan mempertimbangkan ketersediaan vaksin yang ada di tahun ini. Pasalnya jenis vaksin booster akan berbeda dengan ketersediaan vaksin tahun lalu. Selain itu pemerintah juga mempertimbangkan hasil riset para peneliti dalam negeri maupun luar negeri.

Kombinasi vaksinasi booster sesuai dengan pertimbangan para peneliti dalam dan luar negeri. Serta sudah terkonfirmasi oleh Badan POM dan ITAGI.

Baca juga
Wagub Riza Optimistis Status PPKM di DKI Turun ke Level 1

Untuk vaksin primer Sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua Sinovac, vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca.

Untuk vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca, vaksin booster setengah dosis Moderna.

Tinggalkan Komentar