Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

DKI Ogah Ikut Campur Soal Pengganti Anies

Kamis, 01 Sep 2022 - 22:29 WIB
Penulis : Aria Triyudha
Img 20220517 113043 - inilah.com
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Antara/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ogah atau enggan ikut campur soal usulan nama pengganti Anies. Hal ini seiring langkah DPRD DKI yang akan menggelar rapat internal guna mengusulkan nama untuk dipilih menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

“Teman-teman DPRD akan rapat internal, akan mengusung tiga nama. Siapakah itu, kami akan serahkan kepada DPRD,” kata Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Riza menjelaskan, pihaknya menghormati tiga nama yang nantinya diusulkan DPRD DKI Jakarta.

Diketahui, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan kesempatan kepada DPRD DKI untuk mengusulkan tiga nama Pj Gubernur DKI Jakarta.

Baca juga
Wagub DKI Hormati Gugatan Pengusaha Soal UMP 2022

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, Kemendagri juga mengusulkan tiga nama pengganti Anies Baswedan.

Sehingga, akan ada enam nama yang masuk ke meja Presiden Joko Widodo untuk dipilih satu orang Pj Gubernur DKI. Pemilihan harus melalui sidang Tim Penilai Akhir (TPA).

“Tiga nama dari DPRD, tiga nama dari Kemendagri kami ajukan ke presiden. Presiden nanti akan mengadakan sidang TPA yang nanti tentu akan berkembang. Apapun keputusannya, itulah hasil sidang TPA,” ujar Tito.

Sementara, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani mengatakan, pihaknya belum membahas usulan tiga nama kepada Presiden Joko Widodo. Sebab, DPRD DKI Jakarta masih fokus pada pembahasan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021.

Baca juga
Kontingen PON DKI Jakarta Unjuk Prestasi di Bumi Cendrawasih

Masa kepemimpinan Anies dan Riza berakhir 16 Oktober 2022. Adapun DPRD DKI menjadwalkan rapat paripurna pengumuman pemberhentian jabatan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria pada 13 September 2022.

Tinggalkan Komentar