Selasa, 31 Januari 2023
09 Rajab 1444

Dokter Forensik Akui Otak Brigadir J Pindah ke Dada

Senin, 22 Agu 2022 - 17:16 WIB
0718 094924 Ad9d Inilah.com  - inilah.com
Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat (kanan) semasa hidup saat berpose bersama Irjen Pol Ferdy Sambo. (Foto: Ist)

Ketua Persatuan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) dr. Ade Firmansyah mengakui otak Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat tidak lagi pada tempatnya lantaran pindah ke dada. Hal ini berdasarkan hasil autopsi ulang jenazah Brigadir J.

Menurut Ade, perubahan posisi organ tubuh itu disebabkan oleh adanya beberapa pertimbangan.

“Ya, prosesnya itu tadi, semua tindakan autopsi pasti organ-organ itu akan dikembalikan ke tubuhnya. Namun, memang harus ada pertimbangan-pertimbangan. Baik itu misalnya adanya bagian-bagian tubuh yang terbuka sehingga pada saat jenazah itu akan ditransportasikan, akan dilakukan pertimbangan-pertimbangan seperti itu,” kata Ade di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (22/8/2022).

Baca juga
Ferdy Sambo Dituding Psikopat, Apa Saja Ciri-ciri Penyakit Ini?

Dia menyebut, semua organ yang ditemukan dari jenazah Brigadir J telah dikembalikan lagi ke dalam tubuh oleh tim forensik.

Pada kesempatan yang sama, Ade menegaskan tidak ada luka akibat penyiksaan pada tubuh Brigadir J. Hasil autopsi ulang menunjukan hanya ada luka-luka akibat tembakan dari senjata api.

Luka yang ditemukan ialah lima luka tembak masuk. Selanjutnya, empat luka tembak keluar. Terdapat satu peluru yang bersarang di tubuh Brigadir J.

Sebelumnya, pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak mengungkapkan tentang berpindahnya otak Brigadir J ke bagian dada. Hal ini terlontar dari Kamaruddin kepada awak media di Bareskrim Polri, Selasa (2/8/2022). Dia menyebutkan, hal itu terungkap dari catatan dokter perwakilan keluarga yang mengikuti langsung proses autopsi ulang di RSUD Sungai Bahar, Muaro Jambi, Jambi, Rabu (27/7/2022).

Baca juga
Tersangka Merintangi Penyidikan Kasus Brigadir J Jalani Sidang Etik, Giliran Kompol Baiquni

Autopsi ulang untuk menjawab desakan keluarga yang didukung publik terkait pembunuhan Brigadir J. Tim Khusus Polri menyatakan Brigadir J tewas ditembak di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, Jumat (8/7/2022). Awalnya, Polri menyebutkan Brigadir J meregang nyawa karena baku tembak dengan Bharada E atau  Richard Eliezer Pudihang Lumiu.

Tinggalkan Komentar