Donasi Terkumpul Rp221 Juta, Lazismu Jatim Serahkan Bantuan untuk Korban Semeru

Lazismu Semeru (pwmu) - inilah.com
Lazismu Semeru (pwmu)

Tim Lazismu Jatim menggalang dana untuk disalurkan kepada para korban terdampak meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kemarin Senin (6/12).

Kali ini tim Lazismu Jatim yang berangkat Ketua Drh Zainul Muslimin dan Ahmad Saifu dengan mobil operasional lapangan.

Zainul Muslimin menjelaskan, tim susulan ini menyerahkan bantuan dan asesmen lanjutan penanganan bencana. Tim berkumpul ke Posko PDM Lumajang untuk koordinasi. Setelah itu menuju Desa Sumberwuluh Kec. Candipuro untuk memberikan bantuan.

”Barang yang dibawa makanan dalam kemasan kaleng produk Lazismu seperti RendangMu, KornetMu, gule dalam kemasan. Juga ada sepatu boot, obat-obatan ringan, jas hujan, pampers,” kata Zainul dikutip dari laman pwmu.co.

Dia juga menerangkan daftar obat-obatan yang dibutuhkan di daerah bencana dari hasil asesmen relawan MDMC dan Lazismu seperti salep centabio:1000, tetes mata setratrol:100, kasa seteril 100 box, kasa gulung 10 cm:100 biji, kasa gulung 5 cm:100 biji, pz 500 CC ulir: 20 buah, salep gentamicin: 20 buah.

Baca juga  Status Gunung Semeru Naik ke Level Siaga

Sedangkan perlengkapan yang dibutuhkan korban bencana berupa jas hujan plastik :100 buah, sepatu boot: 50 pasang, dan handscoon steril:100 buah.

”Daftar obat dan barang itu permintaan teman-teman tim relawan kemanusiaan bagian kesehatan dari tim MDMC untuk mendukung layanan mereka di lapangan setelah kemarin terkirim logistik pangan,” terang Zainul.

”Alhamdulillah ada pengusaha apotek dari Gresik yang mengirim obat-obatan sesuai dengan yang dibutuhkan, di list tadi. Obat-obatan itu dikirim Ustadz Slamet dari Lazismu GKB Gresik,” sambungnya.

Sementara penggalangan dana oleh semua elemen Muhammadiyah se Jatim hingga hari ini mencapai Rp 221.828.127.

Dia mengucapkan terima kasih para pejuang kemanusiaan serta para donatur yang menitipkan donasi, infak dan sedekahnya ke Lazismu.

Baca juga  Geladak Perak Putus Bikin Sampah Menggunung di Posko Erupsi Gunung Semeru

Bantuan BNPB

Sementara Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto juga menyerahkan bantuan kepada korban awan panas Gunung Semeru yang dirawat di RSUD Pasirian, Lumajang, Senin (6/12).

Bantuan berupa perlengkapan keluarga, masker, makanan siap saji, lauk pauk, selimut dan dana dukungan awal.

”Ini sedikit bantuan mohon diterima ya bapak dan ibu. Semoga dapat bermanfaat dan lekas sembuh,” ucap Letjen TNI Suharyanto kepada salah satu keluarga pasien seperti dilaporkan bnpb.go.id.

Rincian bantuan yang diserahkan oleh Kepala BNPB kepada para pasien itu meliputi perlengkapan keluarga 20 unit, masker kf95 6000 lembar, makanan siap saji 10 paket, lauk pauk 10 paket, selimut 100 buah.

Baca juga  Ikuti Anjuran Rasulullah, Bersedekah Air Bersih

RSUD Pasirian telah menampung sedikitnya 16 pasien korban luka bakar akibat awan panas Gunung Semeru. Sebanyak 6 orang mengalami luka bakar hingga 80 persen dan sudah mendapatkan perawatan yang intensif

Tinggalkan Komentar