Senin, 16 Mei 2022
15 Syawal 1443

DPD Panggil Mendagri Tito Pekan Depan, Klarifikasi Dukungan Jokowi 3 Periode

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti Mendagri Tito Apdesi - inilah.com
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti (LNM) mengatakan, pihaknya mengundang Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pekan depan.

Undangan tersebut untuk mengklarifikasi dukungan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) terkait perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi atau Presiden 3 periode.

“Kita undang Kamis tanggal 14 April 2022,” kata LaNyalla kepada inilah.com, Rabu (6/4/2022).

Mantan Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jawa Timur itu menegaskan, dukungan dari Apdesi pimpinan Surta Wijaya kepada Jokowi untuk menjabat Presiden 3 periode merupakan bentuk pelanggaran konstitusi.

“Komite I DPD yang akan klarifikasi,” ujar LaNyalla.

Sebelumnya dalam rapat Komisi II DPR, Selasa (5/4/2022) kemarin, Mendagri Tito Karnavian menyebut tidak ada masalah apabila Kepala Desa ikut politik praktis. Menurutnya hal tersebut tidak melanggar Undang-undang.

Baca juga
KPAI Minta Pengadilan Beri Vonis Maksimal ke Pemerkosa 12 Santriwati

Tito juga menyampaikan amandemen konstitusi untuk perpanjangan masa jabatan Presiden bukanlah hal yang tabu.

“UUD kita pernah diamandemen gak? Bukan yang tabu kan? Yang tabu (diamandemen) pembukaannya, itu tabu. Kitab suci tabu,” kata Tito di Kompleks Parlemen Senayan.

Usai ramai dukungan dari Kepala Desa untuk Jokowi, belakangan Apdesi yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM pimpinan Arifin Abdul Majid menyebut, Apdesi pendukung Presiden 3 periode bukan Apdesi yang sah karena tidak mempunyai badan hukum. Apdesi pimpinan Surta Wijaya pendukung Presiden 3 periode hanya mengantongi pengakuan sebagai ormas oleh Kemendagri tepat satu hari sebelum acara kumpul di Istora Senayan.

Tinggalkan Komentar