Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

DPR Akan Panggil Yaqut Soal Pencopotan 6 Pejabat Kemenag

Kamis, 23 Des 2021 - 13:51 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Yaqut - inilah.com
kemenag.go.id

Komisi VIII DPR akan memanggil dan menanyakan poncopotan 4 Direktur Jenderal (Dirjen), Inspektur Jenderal dan Kepala Balitbang-Diklat ke Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Kami tentu tidak dapat info yang komplet ya kenapa dicopot, alasannya apa, nanti mungkin karena Pak Menteri masih di lokasi Muktamar NU, setelah nanti mungkin kami akan konfirmasi ke Pak Menteri kira-kira alasannya apa,” kata Ketua Komisi VIII Yandri Susanto kepada wartawan, Rabu (22/12/2021).

“Kalau melihat jadwal yang sekarang, itu baru pertengahan Januari atau minggu kedua baru rapat-rapat di Komisi VIII aktif kembali. Tapi mungkin saya secara informal bisa juga mengkonfirmasi kepada Pak Menteri Agama,” tambah Yandri.

Baca juga
Buku Nikah Tak Lagi Terbit? Ini Penjelasan Kemenag

Politikus PAN itu meminta agar pencopotan para pejabat tersebut tidak mengganggu kinerja Kementerian Agama.

“Sehingga ini kan perlu dijelaskan kepada publik alasannya apa, argumentasinya apa, sehingga itu tidak mengganggu kinerja di Kementerian Agama. Jangan sampai ada salah persepsi, salah paham, kemudian ada yang goreng-menggoreng, ini tentu tidak diharapkan,” tandas Yandri.

6 Pejabat Kemenag yang dicopot Yaqut yaitu, Inspektur Jenderal (Irjen), Kepala Balitbang-Diklat, Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen, Dirjen Bimas Katolik, Dirjen Bimas Hindu, dan Dirjen Bimas Buddha.

Yaqut belum memberikan pernyataan mengenai pencopotan 6 pejabat tersebut. Penjelasan sementara baru disampaikan oleh Sekjen Kemenag Nizar Ali. Nizar Ali menyebut rotasi pejabat sebagai bentuk penyegaran dalam organisasi.

Tinggalkan Komentar