Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

DPR Ketok Palu, Setujui Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

Kamis, 01 Sep 2022 - 16:00 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Ibnu Naufal
Rapat kerja Komisi X DPR RI bersama Kemenpora (Foto: inilah.com)
Rapat kerja Komisi X DPR RI bersama Kemenpora dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (Foto: inilah.com)
Komisi X DPR RI, menyetujui permohonan naturalisasi dua pemain keturunan Jordi Amat dan Sandy Walsh dalam rapat usulan pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia terhadap keduanya, Kamis (1/9/2022).
Persetujuan pemberian cap WNI kepada kedua pemain disahkan oleh Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda. Hadir pula ditengah-tengah rapat, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI), Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.
“Komisi X DPR RI menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Jordi Amat Maas dan Sandy Henny Walsh dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Syaiful Huda.
Ketua Komisi X lantas kembali menanyakan terkait persetujuan yang dilampirkan dalam kesimpulan rapat hari ini. “Apakah disetujui bapak-ibu?,” tanya Syaiful.
“Setuju,” jawab kompak para anggota Komisi X yang dibarengi tepuk tangan.
Pasca persetujuan, Komisi X juga memberi kesempatan kepada pemain yang akan dinaturaliasi untuk menyampaikan sambutannya. Terkhusus pada Jordi Amat yang kebetulan hadir seorang diri tanpa ditemani Sandy Walsh yang diketahui sedang melakoni serangkaian persiapan bersama tim yang dibelanya.
“Saya akan beri semuanya kepada indonesia untuk timnas kita. Saya bangga keluarga saya juga bangga. Bermain sepak bola dalah pasion saya.  Apalagi dengan (dukungan) orang Indonesia yang terhitung lebih dari 200 juta. Saya harap saya bisa segera gabung dengan timnas,” terang Jordi Amat melalui tayangan video virtual.
Sebelumnya, usulan pewargenegaraan Jordi Amat dan Sandy Walsh juga mendapat respon positif dari Komisi III DPR RI.
Ketua Komisi III DPR, Bambang Wuryanto, bahkan memuji Jordi dan Sandy yang mengenakan batik pada acara hari ini, meskipun lewat virtual.
”Yang bersangkutan sudah pakai baju batik, jadi sudah tentu cinta Indonesia, meskipun sebelum nyanyikan Indonesia Raya dan Pancasila,” kata Bambang.
Jordi Amat dan Sandy Walsh telah jalani beberapa proses naturalisasi seperti wawancara dengan Badan Intelejen Negara (BIN) dan lainnya beberapa waktu lalu di Jakarta.
Selain keduanya, masih ada satu nama yang diproyeksikan untuk dinaturalisasi yakni Shayne Pattynama. Tapi, berkas pemain kelahiran Belanda itu dilaporkan masih diproses di Sekretariat Negara (Setneg).

Tinggalkan Komentar