Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

DPR: Revisi UU Sisdiknas Usulan Pemerintah, Jokowi Harus Tahu

Kamis, 02 Jun 2022 - 20:48 WIB
Jka 9153 - inilah.com
Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf menilai Presiden Jokowi harus tahu perkembangan RUU Sisdiknas. RUU tersebut merupakan inisiatif pemerintah.

Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf, menilai Presiden Jokowi seharusnya tahu perkembangan RUU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Pasalnya RUU Sisdiknas menjadi inisiatif pemerintah.

Dede menambahkan, pengakuan Jokowi yang tidak mengetahui adanya RUU Sisdiknas menandakan Mendikbudristek, Nadiem Makarim, tidak melaporkan perkembangan revisi UU tersebut.

“Dulu ini (UU Sisdiknas) pernah menjadi inisiatif DPR, tapi kemudian karena pandemi dan waktu yang mepet akhirnya berganti menjadi inisiatif pemerintah, sehingga mestinya presiden harus tahu, karena telah menjadi usulan pemerintah,” kata Dede Yusuf, di Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Ketidaktahuan Presiden Jokowi atas rencana revisi UU Sisdiknas mencuat ketika menerima Aliansi Penyelenggara Pendidikan Indonesia (APPI) di Istana Merdeka beberapa waktu yang lalu. Dede menyayangkan adanya peristiwa yang menunjukkan lemahnya komunikasi kabinet.

Baca juga
Usai Andika Dilantik jadi Panglima, Jokowi Segera Reshuffle Kabinet

“Kalau presiden tidak tahu, berarti ada yang tidak tersampaikan,” ujar Dede.

Dia meminta Nadiem tidak terburu-buru menyusun RUU Sisdiknas. Alasannya RUU tersebut harus sinkron dan mengakomdasi UU lainnya.

Selain itu, eks Wagub Jabar juga mengingatkan Nadiem untuk menyusun peta jalan (road map) pendidikan nasional sebelum merampungkan naskah akademik RUU Sisdiknas.

“Untuk itu kita minta agar Sisdiknas jangan dipaksakan saat ini apalagi ini ‘babonnya’ UU Pendidikan, yang akan menggabungkan beberapa UU seperti, UU Guru dan dosen, UU Perguruan tinggi, dan UU Sisdiknas. Pasti butuh waktu panjang,” pintanya. [WIN]

Tinggalkan Komentar