Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

DPR Setujui Subsidi Rp350 Triliun, Harga Pertalite dan Listrik Tak Jadi Naik

Jumat, 20 Mei 2022 - 13:59 WIB
DPR Setujui Subsidi Rp350 Triliun, Harga Pertalite dan Listrik Tak Akan Naik
Menkeu Sri Mulyani

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menegaskan harga Pertalite, LPG 3 kilogram, dan listrik tidak akan naik tahun ini. Terkait kepastian ini, ia sampaikan usai pemerintah menambah anggaran subsidi untuk energi sebesar Rp350 triliun.

“Ini tujuannya agar Pertalite, solar, minyak tanah, LPG 3 kg dan listrik bisa tetap dijaga harganya karena memang pemulihan ekonomi masih dalam tahap yang awal dan harus kita jaga. Daya beli masyarakat masih belum sepenuhnya pulih,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers usai Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Dia mengatakan, Badan Anggaran DPR telah menyetujui besaran anggaran subsidi dan kompensasi energi sebesar Rp350 triliun. Angka ini naik dari alokasi APBN sebelumnya yang hanya sebesar Rp152,5 triliun.

Baca juga
Resmi Dikukuhkan, Ketum PBNU: Mari Bekerja dengan Nyata

Sri Mulyani merinci anggaran tambahan subsidi ini yakni Rp74,9 triliun untuk tambahan subsidi energi dan pembayaran komensasi sebesar Rp275 triliun yang terdiri dari BBM Rp 234 triliun dan listrik Rp 41 triliun.

Jumlah itu lebih rendah dari kebutuhan subsidi dan kompensasi energi yang Sri Mulyani sampaikan beberapa waktu lalu yakni sebesar Rp 443,6 triliun.

Sri Mulyani menegaskan tambahan anggaran subsidi dan kompensasi energi itu untuk melindungi rakyat dan ekonomi agar bisa tetap bertahan dalam situasi guncangan global.

“Artinya masyarakat sebagian sangat besar semuanya terlindungi dengan tambahan Rp350 triliun subsidi dan kompensasi, seperti masyarakat semua yang mengkonsumsi Pertalite, diesel, kemudian minyak tanah, LPG 3 kg dan listrik,” katanya. [jin]

Tinggalkan Komentar