DPR: Tes PCR Rp300 Ribu Murah bagi Menteri, Berharga bagi Rakyat

DPR: Tes PCR Rp300 Ribu Murah bagi Menteri, Berharga bagi Rakyat - inilah.com
Anggota DPR Luqman Hakim. ist

Anggota DPR Luqman Hakim mengatakan harga Rp300 ribu untuk tes polymerase chain reaction sebagai syarat naik tranportasi udara tergolong sangat mahal. Luqman mengkritik pernyataan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang menyebut harga tes PCR Rp300 sudah murah dibandingkan negara lain.

“Harga tes PCR Rp300 ribu murah? Pasti murah kalau standar yang dipakai kemampuan seorang Menteri. Duit segitu mah kecil untuk kantong Menteri,” kata Luqman kepada Inilah.com, Rabu (27/10/2021).

Politikus PKB itu menilai kewajiban tes PCR untuk transportasi akan semakin menambah beban rakyat. Menurutnya masih banyak alat tes Covid-19 yang jauh lebih murah dari PCR. Apalagi kasus Covid-19 di Indonesia mulai melandai.

Baca juga  Kabur, Kejaksaan Terbitkan Red Notice Buru WNA Wenhai Guan

“Bagi mayoritas rakyat pengguna transportasi publik, berharga itu duit Rp300 ribu. Apalagi pemerintah sudah berencana menjadikan tes PCR sebagai syarat seluruh moda transportasi. Pasti menambah beban rakyat,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut  tes PCR Rp300 ribu sudah murah dibandingkan dengabn negara-negara lain.

“Harga PCR kita yang ditentukan Pak Presiden kemarin itu sudah 10 persen paling bawah, paling murah dibandingkan harga tes PCR di seluruh dunia, yang di airport-airport,” kata Budi di kanal YouTube Perekonomian RI.

Budi menambahkan, pemerintah tidak akan mensubsidi tarif tes PCR. Pemerintah menganggap harga Rp300 ribu sudah murah.

Baca juga  Pemprov Jabar Kolaborasi Berbagai Pihak Guna Percepat Vaksinasi

“Apakah akan ada subsidi? pemerintah tidak merencanakan ada subsidi, karena kita memang lihat harganya yang sudah diturunkan itu sudah cukup murah,” kata Budi.

Tinggalkan Komentar