Kamis, 09 Februari 2023
18 Rajab 1444

DPRD DKI Gelar Paripurna Pengumuman Pemberhentian Anies-Riza Hari Ini

Selasa, 13 Sep 2022 - 09:46 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria. (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria. (Foto: Istimewa)

DPRD DKI Jakarta dipastikan menggelar Rapat Paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria hari ini, Selasa (13/9/2022).

Rapat Paripurna itu dilaksanakan sebelum anggota DPRD DKI melakukan Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) pemilihan tiga nama Pj Gubernur untuk diusulkan ke Kemendagri.

Berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus), Senin kemarin, mekanisme pemilihan tiga nama Pj Gubernur untuk diusulkan ke Kemendagri akan dilaksanakan pukul 13.00 WIB.

“Setelah Paripurna (pemberhentian) Gubernur, itu kita rapat (Rapat Pimpinan Gabungan) lagi. Saya minta kepada fraksi-fraksi yang ada menyiapkan tiga nama,” kata Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi di Gedung DPRD DKI, Senin (12/9/2022) kemarin.

Baca juga
Formula E Jakarta Dimulai Hari Ini, Nama Anies Langsung Mendunia di Twitter

Rapat paripurna ini tentunya akan dihadiri oleh Anies-Riza beserta lima pimpinan pimpinan dan anggota dari sembilan fraksi DPRD DKI Jakarta, termasuk juga Sekretaris Daerah DKI Jakarta, serta para asisten sekda DKI Jakarta.

Sebelumnya, tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta paling lambat akan dikirimkan 16 September atau satu bulan sebelum masa jabatan Anies habis.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga sudah menyatakan calon Pj gubernur DKI yang diajukan ke Presiden Joko Widodo bakal berjumlah enam orang.

Enam nama calon itu akan diusulkan dua pihak, tiga dari DPRD DKI Jakarta dan tiga dari Kemendagri.

Baca juga
Pembangunan Jakarta Harus Dituntaskan, Wajah Jakarta adalah Wajah Indonesia

DPRD DKI memastikan akan mengumumkan kepada awak media tiga nama yang diusulkan itu setelah Rapimgab kedua pada Selasa hari ini atau setelah Rapat Paripurna Pengumuman Pemberhentian Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria.

Sesuai arahan, DPRD DKI juga langsung menyerahkan tiga nama usulan calon Penjabat Gubernur DKI itu kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebelum 16 September 2022.

Tinggalkan Komentar