Sabtu, 03 Desember 2022
09 Jumadil Awwal 1444

DPRD akan Ajukan 3 dari 27 Nama Calon Pj Gubernur DKI ke Kemendagri

Senin, 12 Sep 2022 - 18:44 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Fadly Zikry
pj gubernur dki pengganti anies - inilah.com
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi - (Foto: inilah.com/Harris Muda)

DPRD DKI Jakarta akhirnya memutuskan untuk menyaring sebanyak 27 nama calon Penjabat (Pj) Gubernur pengganti Anies Baswedan. Dari 27 nama itu nantinya akan muncul 3 kandidat pilihan masing-masing fraksi.

Tiga nama tersebut selanjutnya akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Jadi hasil Rapimgab (Rapat Pimpinan Gabungan) ini, besok kita menyerahkan tiga nama (berdasarkan pilihan) dari 9 fraksi jadinya 27 orang. Dan karena kami sebagai pimpinan dewan itu adalah anggota fraksi maka kita serahkan semua fraksi itu menentukan siapa tiga orang tersebut,” kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi di gedung DPRD DKI, Senin (12/9/2022) sore.

Baca juga
Anies Tetapkan Jakarta PPKM Level 3 Sampai 2 Januari 2022

Sebelumnya, Prasetio sempat mengabarkan ada 42 nama calon Pj yang akan mencuat dalam Rapimgab pada Selasa (13/9/2022) besok. Namun, berdasarkan keputusan Rapimgab pertama hari ini, anggota fraksi PDIP itu menyebut hanya ada 27 kandidat.

Berdasarkan skema yang disampikan Prasetio, sembilan fraksi di DPRD DKI masing-masing akan menyetorkan tiga nama berbeda sehingga total ada 27 nama. Tiga nama tersebut dimasukkan ke dalam amplop dan baru dibuka pada Rapimgab kedua.

“Setelah rapat Paripurna besok. Kita Rapimbag lagi dan menentukan hasil atau hasil voting tiga nama itu siapa aja sih? Siapa yang paling tinggi,” tegasnya.

Baca juga
Minggu, Sebagian Jakarta Diperkirakan Hujan dari Pagi hingga Sore

“Voting itu untuk memutuskan dimana angka tertinggi di antara nama yang disodorkan yang paling banyak,” tambah Prasteio.

Prasetio belum memastikan apakah Rapimgab pada esok hari akan berlangsung terbuka atau tertutup. Namun ia menjamin akan segera menyampaikan hasil rapat kepada awak media.

“Diumumkan ke media, boleh saya tanyakan boleh. Jadi besok setelah Paripurna kami rapat lagi di sini dan hasilnya bisa ditanyakan ke pada saya,” pungkas Prasetio.

Tinggalkan Komentar