Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Drakor Juvenile Justice Rangsang Diskusi Sosial Kriminalitas Remaja

Juvenile Justice
yonhap

Drama Korea (Drakor) Juvenile Justice tengah menjadi perbincangan. Kehadirannya menjadi deretan drakor yang baru tayang di Netflix mengangkap isu kontroversial mengenai kriminalitas remaja. Karena itu, Aktris kawakan Korea Selatan Kim Hye-soo berharap drama Juvenile Justice, bisa memantik diskusi sosial tentang isu kontroversial mengenai kriminalitas remaja.

Serial yang tayang di Netflix berkisah tentang lima kejahatan yang dilakukan anak usia di bawah 14 tahun, yang dibebaskan dari tanggung jawab kriminal. Kasus diangkat dari kejadian nyata yang pernah diperbincangkan di Korea.

“Saya suka kisah ini karena mengangkat tema yang masyarakat kita sedang hadapi,” kata aktris itu dikutip dari Yonhap, Sabtu, (05/03/2022).

Baca juga
Peneliti ITB Temukan Fakta Keberadaan Hewan Purba di Waduk Saguling

“Gagasan utama dari proyek ini sangat serius dan saya merasa punya tanggung jawab lebih besar untuk karakter yang saya perankan dibandingkan sebelumnya,” paparnya.

Kim berperan sebagai hakim Eun-seok yang dikenal antagonis dan berpikir siapa pun harus bertanggung jawab atas kejahatan tak peduli berapa usianya. Dia menjaga jarak dan bersikap dingin di depan pelaku remaja dan tidak membiarkan penilaiannya terpengaruh sisi emosional.

“Eun-seok terlihat tangguh dan punya kapasitas serta menunjukkan rasa tidak suka terhadap kriminalitas remaja,” ujar Kim.

“Tapi dia tahu perannya sebagai hakim dan orang dewasa di masyarakat yang bertanggungjawab terhadap masalah ini secara keseluruhan,” katanya.

Baca juga
Diduga Tertekan, Maura Magnalia Sedang Urus Wisuda S2 Sebelum Meninggal

Sang aktris mengatakan hakim yang diperankan berusaha bersikap objektif di hadapan pelaku, korban dan keluarga mereka. Dia melihat kejahatan dari sudut pandang seimbang.

“Dia hanya berusaha memberikan hukuman yang dan agar mereka bertanggungjawab sepenuhnya atas kejahatan yang dilakukan.”

Untuk mempersiapkan karakter ini, aktris yang berkarier selama lebih dari tiga dekade, mengobservasi pengadilan remaja dan meminta nasihat dari hakim yang masih aktif menangani kasus remaja.

Dia berterimakasih terhadap penggemar global yang mendukung serial ini meski temanya berat.

“Luar biasa serial Korea bisa ditonton penonton global lewat Netflix,” katanya.

“Drama ini bicara soal isu remaja di Korea, tapi tema ini juga didiskusikan di seluruh dunia.” paparnya.

Baca juga
Dorong Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan di Jabar, Menko Airlangga Pimpin Rakor Pemerintah Pusat dan Daerah

Serial drakor yang mengangkat kisah cerita hukum ini menjadi salah satu rekomendasi menarik daftar tontonan dengan alur kisah yang tidak terduga setiap episodenya.

Tinggalkan Komentar