Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Drawing Piala AFF 2022: Berat, Timnas Indonesia Satu Grup dengan Thailand

Selasa, 30 Agu 2022 - 18:30 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Drawing Piala AFF 2022: Berat, Timnas Indonesia Satu Grup dengan Thailand
Timnas Indonesia

Timnas Indonesia dipastikan bakal berjibaku dengan Thailand dalam Piala AFF 2022 setelah drawing selesai dilakukan di Thailand siang tadi.

Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang babak kualifikasi.

Sedangkan di Grup B, Vietnam tergabung bersama Malaysia. Tiga tim lainnya adalah Singapura, Myanmar, dan Laos.

Ini akan menjadi perhelatan Piala AFF ke-14 sepanjang masa, dengan babak grup akan dimainkan oleh 10 tim. Mereka dibagi ke dalam dua grup, jadi masing-masing grup berisikan lima tim.

Timnas Indonesia tadinya tidak mungkin berada satu grup dengan Timnas Malaysia. Sebab, mereka berdua berada dalam satu pot di undian Piala AFF 2022. Namun nyatanya Indonesia tergabung dalam pot ketiga bersama Singapura dalam undian.

Baca juga
Jelang Kontra Vietnam, Shin Tae-yong Tajamkan Pemain Depan
Drawing Piala AFF 2022: Berat, Timnas Indonesia Satu Grup dengan Thailand
Hasil Drawing Piala AFF 2022

Dengan adanya lima tim dalam setiap grup, maka tentu adanya lima pot pula dalam pengundian Piala AFF 2022. Masing-masing pot berisi dua tim yang dipertimbangkan memiliki kekuatan setara.

Thailand dan Vietnam mengisi pot pertama, sedangkan Malaysia dan Filipina ada di pot kedua. Selanjutnya, pot keempat diisi oleh Myanmar dan Kamboja, selagi Laos dan pemenang dari babak kualifikasi ada di pot terakhir.

Tempat kesepuluh di Piala AFF 2022 belum ditentukan karena pertandingan belum digelar. Itu akan diisi oleh salah satu di antara Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Pertandingan di babak penyisihan grup nanti akan dimainkan sekali dalam setiap pertemuan. Namun, setiap tim akan memiliki kesempatan bermain kandang dua kali dan tandang dua kali.

Baca juga
Piala AFF 2022: Skuad Garuda Cukur Brunei Darussalam 7-0

Indonesia kembali mengincar gelar juara di Piala AFF 2022, setelah menjadi runner-up dalam edisi sebelumnya, Piala AFF 2020. Piala AFF 2022 sendiri akan digelar di antara tanggal 22 Desember 2022 hingga 22 Januari 2023.

Tinggalkan Komentar